Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Khusus Hari Ini, Transjakarta Berlakukan Tarif Rp 1.708

Rabu 17 Agu 2016 02:30 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Bus TransJakarta melintas di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (6/6). (Republika/Yasin Habibi)

Bus TransJakarta melintas di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (6/6). (Republika/Yasin Habibi)

Foto: Republika/Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan memberlakukan tarif Rp 1.708 pada Rabu (17/8) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia (RI).

"Kalau biasanya tarif bus Transjakarta Rp3.500, maka khusus esok hari, bertepatan dengan HUT RI, tarifnya hanya Rp1.708 untuk seluruh perjalanan," kata Humas PT Transjakarta Prasetia Budi di Jakarta, Selasa (16/8).

Menurut dia, nominal tarif yang akan diberlakukan memang sengaja dibuat menyesuaikan dengan Hari Kemerdekaan RI. Tarif khusus itu berlaku untuk untuk seluruh layanan, baik di dalam maupun di luar koridor.

Lebih lanjut, dia mengatakan tarif khusus tersebut berlaku, baik untuk pembayaran secara tunai maupun non tunai. Pembayaran tunai yang dimaksud, yakni layanan Transjakarta yang beroperasi diluar koridor dan tidak memiliki halte.

"Kalau yang tidak ada haltenya, nanti seperti biasa, penumpang membayar tunai ke petugas. Kemudian petugas yang akan melakukan transaksi dan memberikan struk pembayaran ke penumpang," ujar Prasetia.

Sementara itu, dia menuturkan selain pemberlakuan tarif khusus, PT Transjakarta juga akan memulai pelaksanaan uji coba sistem Tap In dan Tap Out bersamaan dengan perayaan HUT RI esok hari.

"Uji coba itu dilakukan bagi para penumpang yang menggunakan bus Transjakarta di Koridor 1 rute Blok M-Kota mulai besok. Dalam uji coba itu, penumpang tidak hanya Tap In, tetapi juga harus Tap Out saat keluar halte," tutur Prasetia.

Dia mengungkapkan saldo pada uang elektronik akan terpotong hanya saat penumpang melakukan Tap In (masuk ke halte), sedangkan saat Tap Out (keluar halte) hanya untuk membuka gate keluar.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA