Selasa 16 Aug 2016 10:35 WIB

Cara Tepat Membersihkan Sikat Gigi

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Sikat gigi
Foto: Boldsky
Sikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyikat gigi menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk membuat gigi tetap sehat dan kuat. Menyikat gigi yang benar dilakukan saat bangun tidur, sebelum tidur dan saat sesudah makan.

Namun ternyata, di balik kebiasaan sering menyikat gigi, hal itu dapat membuat sikat menjadi penuh dengan kuman. Sikat gigi bekas dipenuhi oleh mikroba, virus dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Sikat gigi yang kotor memiliki berbagai kuman yang sangat berbahaya. Lalu bagaimana caranya untuk membuat sikat gigi bebas dari kotoran?

Dilansir Boldsky, berikut metode yang dapat dilakukan untuk membersihkan sikat gigi.

Air hangat

    

Untuk menjaga kebersihan sikat gigi, disarankan untuk mencucinya dalam air hangat selama beberapa detik sebelum dan setelah penggunaan.

    

Hidrogen peroksida

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan satu sendok teh hidrogen peroksida dengan satu cangkir air. Letakkan sikat gigi di dalam campuran tersebut selama minimal 30 detik sebelum penggunaan. Kemudian bilas dengan air panas.

    

Cuka murni

    

Cuka murni dapat digunakan untuk menjaga kebersihan sikat gigi. Caranya dengan merendamkan sikat gigi dalam cuka murni. Cuka akan membunuh sebagian besar kuman dan bakteri.

    

Pemutih

    

Pemutih adalah cara yang sangat efisien untuk membersihkan sikat gigi. Aduk sikat gigi di dalam campuran pemutih selama sekitar 30 detik. Kemudian bilas secara menyeluruh sebelum penggunaan.

Mesin cuci piring

    

Mesin cuci piring menjadi teknik lain yang sangat baik untuk diterapkan. Mungkin ini terlihat sedikit aneh, tetapi cara ini dapat membersihkan sikat dari kuman dan bakteri yang tidak diinginkan. Pastikan bahwa sikat ditempatkan pada rak atas untuk mencegah pelepuhan akibat dari panas. Nyalakan mesin cuci piring dengan menggunakan detergen pencuci piring.

    

Cara diatas dapat diterapkan untuk menjaga kebersihan dari sikat gigi. Selain itu, disarankan juga untuk mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali agar terhindar dari kotoran yang berbahaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement