Senin 15 Aug 2016 14:49 WIB

Ini yang Terjadi pada Botol Minum Jika Dipakai Berulang Kali

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Sampah botol plastik bekas air mineral. (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sampah botol plastik bekas air mineral. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Masyarakat luas telah mengetahui bahwa menggunakan botol plastik minuman secara berulang-ulang tidak baik bagi kesehatan. Akan tetapi, apa sebenarnya yang terjadi pada botol plastik tersebut sehingga menjadi tidak baik bagi kesehatan?

Tim peneliti telah melakukan penelitian terhadap botol air plastik yang digunakan secara berulang selama satu minggu. Dari temuan tersebut, tim peneliti mendapati bahwa botol-botol air plastik yang mereka teliti mengandung kuman dan bakteri dalam jumlah mencengangkan.

Salah satu botol air plastik yang diteliti memiliki 'penghuni' berupa bakteri lebih dari 900 ribu unit pembentuk koloni atau colony forming unit (CFU) per centimeter persegi. Jumlah bakteri tersebut jauh lebih banyak dari jumlah bakteri rata-rata pada dudukan toilet.

Dari banyak jenis tutup botol minuman, botol slide-top merupakan jenis yang paling buruk. Botol ini memiliki jumlah kuman sebanyak 933.340 kuman per centimeter persegi. Sedangkan jenis botol squeeze top dan screw-top cenderung 'lebih baik' dengan rata-rata kuman sekitar 160 ribu CFU per centimeter persegi.

Jenis botol plastik yang 'paling bersih' ialah botol straw-top. Berdasarkan penelitian, botol jenis ini hanya memiliki kuman sekitar 25.400 CFU per centmeter persegi.

Tim peneliti juga menemukan bahwa rata-rata kuman yang terdapat dalam botol minuman ialah 313.499 CFU per centimeter persegi. Jumlah tersebut sangat banyak untuk 'dimasukkan' ke dalam mulut saat minum air. Alasannya, tim peneliti menemukan bahwa lebih dari 60 persen bakteri tersebut bukan bakteri baik seperti yang terdapat pada yogurt.

Sebaliknya, tim peneliti mengungkapkan bahwa sebagian besar bakteri-bakteri dalam botol minuman tersebut merupakan bakteri menjijikan yang dapat menyebabkan sakit. Oleh karena itu, Marie Claire melansir seseorang yang merasa tidak sehat bisa jadi tanpa sadar mengonsumsi air dari botol minuman yang kotor ini.

Untuk mencegah bakteri atau kuman menjijikan dari botol minum plastik masuk ke dalam tubuh, ada cara mudah yang bisa dilakukan. Cukup cuci botol minuman dengan air hangat bersabun sebelum digunakan kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement