Sabtu 13 Aug 2016 21:42 WIB
Olimpiade Rio 2016

Hendra/Ahsan Terhenti di Penyisihan Grup

Rep: Agus Raharjo/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.
Foto: PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan akhirnya harus mengakui keunggulan ganda Cina, Chai Biao/Hong Wei. Hendra/Ahsan tumbang dalam dua gim langsung dengan angka 15-21 dan 17-21.

Kesalahan pengembalian shuttlecock Ahsan membuat ganda putra andalan Indonesia itu harus menyerah saat angka 17-20. Di set pertama, ganda putra Cina mendominasi. Mereka tidak memberi kesempatan pada Hendra/Ahsan untuk mengejar ketertinggalan. Banyak kesalahan dilakukan Hendra dan Ahsan.

Di gim kedua, kesalahan masih sering dilakukan kedua pasangan yang bertanding. Di awal set kedua, ganda Cina berulang kali tidak mampu mengembalikan pukulan ganda Indonesia. Namun, pertandingan masih berlangsung ketat dengan saling berbagi angka.

Ahsan sempat terlihat emosi dan melakukan protes karena servisnya dinyatakan keluar. Ahsan mendekati wasit yang memimpin pertandingan sembari memperagakan servis yang dilakukannya. Padahal, saat itu Indonesia dalam keadaan memimpin 6-4. Dengan tidak masuknya servis Ahsan, kedudukan menguntungkan ganda Cina, 6-5.

Kesalahan-kesalahan masih sering ditunjukkan kedua pasangan ini. Berulangkali pengembalian keduanya tak mampu melewati net. Hingga paruh gim kedua, Indonesia unggul 11-10. Tidak banyak adu pukulan keras smes di pertandingan itu.

Bahkan smes yang dilakukan Hendra/Ahsan mampu dikembalikan dengan baik oleh pasangan Cina. Indonesia hanya berharap pada kesalahan yang dilakukan ganda putra Cina untuk mendulang angka.

Selama pertandingan berlangsung, Ahsan terlihat sering melakukan kesalahan. Smes keras Cina yang mendarat ke Ahsan tidak mampu dikembalikan. Kejar-kejaran terjadi sampai angka 16-16. Akhirnya ganda Cina dapat unggul 16-17. Lalu disamakan lagi menjadi 17-17.

Selanjutnya, ganda putra Cina berada di atas angin. Mereka tidak memberi kesempatan Hendra/Ahsan mendapat angka. Akhirnya permainan selesai dengan angka 17-21.

Dengan kekalahan ini, Hendra/Ahsan tidak lolos ke babak selanjutnya. Mereka hanya menang sekali dan kalah dua kali. Sebelumnya mereka juga kalah dari ganda putra dari Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement