Thursday, 9 Syawwal 1445 / 18 April 2024

Thursday, 9 Syawwal 1445 / 18 April 2024

Peran Menwa Sangat Penting di Era Reformasi

Jumat 12 Aug 2016 20:25 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Foto: Republika/ Maman Sudiaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Ketua MPR mengungkapkan, kiprah Resimen Mahasiswa (Menwa) sangat penting dalam bela negara Indonesia apalagi di era reformasi ini. Menurutnya,reformasi telah melahirkan perubahan yang dinikmati seluruh anak bangsa.

Reformasi, kata dia, membuka era kebebasan buat seluruh rakyat. Reformasi merupakan bentuk koreksi dari deviasi di masa lalu menuju kesejahteraan yang berkeadilan.

"Bung Karno pernah berucap, kita butuh merdeka untuk bersatu, kita butuh bersatu untuk berdaulat, kita butuh berdaulat agar kita berlaku adil, dan kita butuh keadilan agar mencapai kesejahteraan untuk semuanya," ucap Zulkifli, saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI).

Zulkifli menambahkan, Reformasi yang telah dijalani bangsa ini selama delapan belas tahun, membuka arah perjalanan negara menuju cita-cita bangsa yakni kesejahteraan yang berkeadilan buat seluruh rakyat. Nilai-nilai luhur bangsa salah satunya Pancasila adalah parameter yang harus dipegang teguh untuk mencapai itu semua.

"Sebagai anak bangsa, Pancasila tidak bisa ditawar- tawar lagi, harus dipahami seluruh anak bangsa. Bahkan ada negara lain yang mempelajari Pancasila kita. Karena mereka mengakui memang luarbiasa pancasila kita," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berbicara soal kepahlawanan bangsa. Zulkifli menilai, Bela negara adalah tanggung jawab semua anak bangsa dengan bentuk yang bermacam-macam sesuai dengan daya dan upaya yang dimiliki.

Contoh yang sedang hangat adalah perjuangan para atlet Indonesia yang saat ini sedang berjibaku untuk mengharumkan nama negara di arena olimpiade.

"Perjuangan mereka sangat luarbiasa, itulah salah satu bentuk bela negara. Apalagi para alumni IARMI pastilah banyak yang sedang dan akan dilakukan sebagai bentuk partisipasi aktif dalam bela negara," tutur dia.

Acara yang digelar di Gedung Lemhanas, Jakarta ini, dihadiri juga oleh Ketua Umum DPN IARMI Ms.Kaban, Sekjen IARMI Ahmad Riza Patria, Ketua DPR RI Ade Komarudin, perwakilan Menteri Pertahanan RI dan ratusan alumni IARMI, ketua DPD IARMI provinsi dan tingkat kabupaten dari seluruh Indonesia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler