Jumat 12 Aug 2016 00:13 WIB
Olimpiade Brasil

Praveen/ Debby Susah Payah Taklukkan Wakil Hong Kong

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Bayu Hermawan
Pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto yang berlaga di babak pertama Kejuaraan Asia Badminton Asia Championship 2016, Selasa (26/4).
Foto: PBSI
Pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto yang berlaga di babak pertama Kejuaraan Asia Badminton Asia Championship 2016, Selasa (26/4).

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JENAIRO -- Pasangan ganda campuran, Praveen Jordan/Debby Susanto, menambah kemenangan untuk Merah Putih di hari pertama pertandingan cabang bulutangkis di Olimpiade Rio de Jenairo, Brasil.

Meski permainan sempat diwarnai ketegangan, namun peringkat lima dunia itu mampu menaklukkan pasangan Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah, di babak penyisihan Grup A, Kamis (11/8).

Dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Riocentro - Pavillion 4, Praveen/Debby mampu unggul melalui tiga gim pertandingan yang ketat dengan skor 21-12, 19-21, 21-15.

Pada gim pertama, Praveen/Debby menahan keunggulan dari lawan hingga skor 10-5. Pengembalian cukup baik dilakukan Praveen/Debby, sehingga mampu unggul di paruh gim pertama dengan skor 11-5. Usai jeda, mereka kembali memimpin 12-5.

Pasangan Hong Kong kerap melebar dalam pengembalian bola mereka. Sementara Praveen/Debby tampak terburu-buru dalam permainan. Namun, Praveen/Debby mampu menyentuh match poin lebih dulu 20-12. Mereka pun menutup gim pertama dengan mudah dengan unggul 21-12 atas Lee/Chau.

Membuka gim kedua, kesalahan Lee/Chau menambah poin bagi Praveen/Debby hingga skor unggul 4-0. Namun, pengembalian bola yang kurang tepat menambah skor bagi lawan menjadi 5-3.

Serangan bertubi dilancarkan oleh Lee/Chau, sehingga menyamakan kedudukan menjadi 9-9 dengan Praveen/Debby. Sementara pasangan Indoensia ini kerap melakukan kesalahan sendiri. Namun, Praveen/Debby masih mampu unggul 11-10 di paruh gim pertama.

Meski masih unggul usai jeda 12-10, 16-10, namun pengembalian bola yang datar justru menambah poin untuk Lee/Chau menjadi 16-11, 18-15. Permainan semakin ketat, tatkala Lee/Chau mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 19-19.

Praveen/Debby tidak mampu memanfaatkan kesempatan, dan justru membuat kesalahan sendiri dengan gagal mengembalikan bola dengan baik. Lee/Chau merebut keunggulan di akhir gim kedua dengan skor 19-21.

Pada gim ketiga, Praveen/Debby membuka keunggulan 2-0 atas Lee/Chau. Pasangan Hong Kong itu juga tampak jatuh bangun untuk mengembalikan bola kepada Praveen/Debby. Namun, pasangan Indonesia ini masih tetap unggul 8-3. Serangan cukup baik membuat Praveen/Debby unggul 11-7 di paruh gim ketiga.

Usai jeda, Lee/Chau menambah poin menjadi 11-8. Sempat terjadi perdebatan dengan wasit terkait hasil skor, saat bola yang dilemparkan dari Lee/Chau melebar dari garis lapangan. Permainan pun diulang.

Namun, bola melebar dari Lee/Chau kembali memberi keuntungan untuk Praveen/Debby menjadi 17-12. Pengembalian kurang akurat dari Praveen/Debby menambah poin untuk Lee/chau menjadi 19-14, Namun, Praveen/Debby mampu menyentuh match poin lebih dulu 20-14.

Mereka pun berhasil menutup gim ketiga dengan unggul 21-15 atas Lee/Chau. Selanjutnya besok Jumat (12/8), Praveen/Debby ditunggu pasangan Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement