Rabu 10 Aug 2016 09:21 WIB

Anak Berpenyakit Muka Tua Bangladesh Bingungkan Dokter

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Bayezid Shikdar, anak dengan penyakit yang membuatnya tampak seperti orang tua.
Foto: dok ABC
Bayezid Shikdar, anak dengan penyakit yang membuatnya tampak seperti orang tua.

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Seorang anak laki-laki berusia empat tahun di Bangladesh mengidap penyakit misterius yang membuatnya tampak seperti orang tua. Tim dokter dari rumah sakit ternama di Dhaka, Bangladesh rela memberikan perawatan secara gratis untuk Bayezid Shikdar yang berasal dari keluarga petani miskin.

Bayezid lahir dengan kelebihan kulit yang menggantung di anggota tubuh dan wajahnya. Ia juga mengidap penyakit berkaitan dengan jantung, penglihatan, dan pendengaran.

Sang ayah, Lablu Shikdar mengatakan, sejumlah dokter sudah kewalahan untuk menangani Bayezid.

"Kami menjual tanah untuk mengobatinya di rumah sakit lokal. Kami juga membawanya ke tabib dan dokter herbal tapi keadaan tidak berubah. Rumah sakit ini adalah harapan terakhir kami," ujar Shikdar seperti dikutip dari Malay Mail Online, Selasa (9/8).

Dokter menduga Bayezid mengidap progeria atau penyakit yang menyebabkan penuaan sangat cepat setelah kelahiran. Hal itu pun bisa memicu beberapa komplikasi penyakit lain. Kelainan yang sangat langka ini juga pernah dikisahkan dalam film The Curious Case of Benjamin Button. Meski begitu, perlu ada uji lebih mendalam untuk mengetahui penyakit Bayezid.

"Kami masih menginvestigasinya. Selain ada kulit yang mengendur, ia (Bayezid) juga memiliki masalah di jantung, telinga, mata, dan penis," kata Kepala Unit Operasi Plastik Rumah Sakit Dhaka Medical College Abul Kalam.

Ibu Bayezid, Khatun mengaku, anaknya berperilaku seperti anak-anak normal. Ia mengatakan, Bayezid suka bermain dan makan bersama saudara-saudaranya.

"Ia (Bayezid) sangat berbakat. Suatu hari ia ingin membawa buku dan pergi ke sekolah. Tapi kami pikir ia masih terlalu muda," kata Khatun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement