Rabu 10 Aug 2016 08:32 WIB

Hal yang Patut Diketahui Tentang Gigi

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Anak Sikat Gigi
Foto: News
Anak Sikat Gigi

REPUBLIKA.CO.ID,   Gigi menjadi bagian yang sangat penting bagi tubuh manusia. Gigi berfungsi untuk menggiling dan menguyah makanan sehingga membantu dalam proses pencernaan. Kesehatan gigi sangat penting karena memengaruhi fungsi ideal dari sistem pencernaan.

Gigi yang sehat akan membuat makanan yang dicerna lebih sehat. Namun, untuk gigi yang kurang sehat, maka akan memperburuk sistem pencernaan. Dilansir Boldsky, berikut beberapa rahasia di balik kesehatan gigi manusia.

Fluoride adalah rahasia di balik gigi yang kuat. Hal ini terbukti untuk mencegah gigi berlubang dan memperbaiki kerusakan gigi. Ini alasan mengapa fluoride selalu digunakan pada pasta gigi dan obat kumur.

Kemudian plak terbentuk dari bakteri, asam, air liur, dan makanan yang terjebak di gigi. Salah satu cara untuk menyingkirkan plak adalah sikat gigi secara teratur. Plak yang mengendap pada gigi pada akhirnya menjadi noda pada gigi dan membuat penampilan tidak maksimal.

    

Masalah lain seputar gigi yang patut diperhatikan adalah gula yang membuat gigi menjadi busuk. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris membuktikan satu-satunya penyebab kerusakan gigi adalah asupan gula. Ini karena bakteri pada mulut yang terkena gula membuat menjadi asam yang mengakibatkan lubang pada gigi.

Lalu makan terlalu sering ternyata dapat meningkatkan risiko gigi lemah. Hal ini karena makanan akan kontak langsung dengan gigi.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah menyikat gigi dengan penuh semangat dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Menyikat gigi dengan keras dapat melukai email dan membuat gusi berdarah. Jadi biasakan untuk menyikat gigi dengan lembut tanpa banyak tekanan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement