Rabu 10 Aug 2016 07:27 WIB

Waspada, Lemak Hati di Anak Picu Diabetes

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Gaya hidup aktif menghindari anak dari berbagai penyakit akibat kegemukan.
Foto: pixabay
Gaya hidup aktif menghindari anak dari berbagai penyakit akibat kegemukan.

REPUBLIKA.CO.ID, Sekitar tujuh juta anak di Amerika Serikat memiliki lemak hati, dan hampir sepertiga dari mereka anak-anak juga memiliki pradiabetes atau diabetes, menurut sebuah temuan studi baru-baru ini.

“Jadi yang disebut penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD) adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk pengembangan diabetes tipe 2 pada anak-anak, Prevalensi diabetes tipe 2 adalah sekitar 1 dari 2.500 pada populasi umum, 1 dari 200 anak-anak dengan obesitas, dan 1 di 15 pada anak-anak dengan NAFLD," kata Dr Jeffrey B. Schwimmer, direktur Klinik Fatty Liver di Rumah Sakit Rady Children di San Diego.

Dilansir dari The Malay Mail Online, Penyakit lemak hati nonalkohol (NAFLD) dapat menyebabkan jaringan parut di hati dan dapat menyebabkan gagal hati dan kebutuhan untuk transplantasi. Ini mungkin berhubungan dengan genetika, obesitas dan penggunaan beberapa obat. Hal ini dapat diobati namun tidak sembuh.

Pada orang dewasa, NAFLD sering bertepatan dengan metabolisme gula abnormal. Orang dengan NAFLD yang memiliki diabetes tipe 2 memiliki risiko lebih tinggi untuk bentuk yang lebih parah dari penyakit hati yang disebut non-alkohol steatohepatitis (NASH), yang membawa risiko tertinggi untuk sirosis, penyakit hati stadium akhir, dan bahkan kanker hati.

Para peneliti mempelajari pada 675 anak-anak di bawah usia 18 dengan NAFLD. Indeks massa tubuh rata-rata (BMI) adalah 32, di atas ambang batas klinis obesitas dari 30. Sebanyak 23 persen dari anak-anak dengan NAFLD memiliki prediabetes dan hampir tujuh persen memiliki diabetes tipe 2. Anak perempuan dengan NAFLD lima kali lebih berisiko dibanding laki-laki untuk memiliki diabetes tipe 2.

Lebih dari 40 persen dari anak-anak dengan diabetes tipe 2 juga memiliki NASH, dibandingkan dengan 34 persen dari anak-anak dengan prediabetes dan 22 persen dari mereka dengan gula darah normal, para peneliti melaporkan dalam JAMA Pediatrics.

Ketika hati berlemak, beberapa jalur metabolisme yang secara progresif terganggu, termasuk sensitivitas insulin, kata Dr. Valerio Nobili, Kepala Unit Penelitian Liver di Bambino Gesu Hospital Childrens di Roma, Italia.

Saat ini, pengobatan untuk NAFLD melibatkan dengan mengoptimalkan gaya hidup termasuk gizi, aktivitas fisik, dan mental kesejahteraan, katanya. Berdasarkan penelitian ini, anak-anak dengan NAFLD juga harus memiliki tes gula darah dan dipantau untuk perkembangan penyakit hati, diabetes dan konsekuensi dari keduanya.

"Meskipun anak-anak dengan NAFLD keseluruhan adalah laki-laki biasanya, perempuan dengan NAFLD lebih mungkin untuk memiliki diabetes," kata Schwimmer. "Perhatian khusus harus diberikan kepada anak-anak dengan kombinasi diabetes tipe 2 dan NASH, karena mereka berisiko sangat tinggi morbiditas prematur dan kematian."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement