Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Edward Snowden Diisukan Tewas

Selasa 09 Aug 2016 20:34 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Karta Raharja Ucu

Edward Snowden.

Edward Snowden.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jagat Twitter dihebohkan dengan rumor tewasnya Edward Snowden baru-baru ini. Isu beredar lantaran akun Twitter @Snowden mengunggah cicitan aneh berupa rentetan angka dan huruf yang tak beraturan.

Inquisitr melaporkan netizen menduga cicitan itu adalah kode yang diatur untuk diunggah ketika Snowden tidak muncul dalam beberapa waktu. Akun Whistleblower ini mengunggahnya pada Jumat sore.

Teori konspirasi pun muncul dan para fansnya khawatir Snowden mungkin tewas. Apalagi cicitan itu dihapus tak berapa lama kemudian. Netizen mulai menanyakan keadaan Snowden pada temannya, Glenn Greenwald. Akun @ggreenwald menjawab Snowden baik-baik saja.

Dua hari sebelumnya, Snowden mengirim pesan pada seseorang dan mengatakan ini waktunya. Sejumlah orang menduga cicitan pada Jumat adalah kode enkripsi untuk file baru yang akan dibocorkan. Namun tentu saja itu hanya spekulasi.

"Apa anda bekerja dengan saya? apa kita sudah bicara sejak 2013? tolong kontak saya lagi dengan aman, atau bicara pada @bartongellman. Ini waktunya," kata @Snowden. Barton Gellman adalah orang yang sedang mengerjakan sebuah buku tentang Snowden.

Seperti dilansir dari Gizmodo, Gellman juga memastikan pada publik bahwa buronan AS yang sekarang berada di Rusia itu dalam keadaan baik. Ia juga mengingatkan bahwa ada sejumlah cicitan yang punya arti khusus.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA