Selasa 09 Aug 2016 20:04 WIB

Anak Obesitas? Begini Cara Menanganinya

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Obesitas anak
Obesitas anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Obesitas menjadi salah satu masalah yang saat ini banyak terjadi. Pakar kesehatan mengklaim bahwa saat ini jumlah anak obesitas sebesar dua kali lipat dibandingkan dengan beberapa dekade lalu.

Tak banyak orang tua yang sadar perubahan badan anaknya yang ternyata sudah berada di tahap obesitas. Selain itu, ada juga orang tua yang sadar dengan situasi itu tetapi tidak memberikan penanganan khusus.

Dilansir Boldsky, ahli kesehatan mengatakan bahwa penanganan masalah obesitas sangat penting. Orang tua harus mampu mengontrol pola hidup seperti makanan dan aktivitas pada anak. Namun, para ahli merekomendasikan penanganan tersebut dilakukan dengan cara hati-hati. Alasannya karena masalah berat badan dapat membuat anak menjadi minder.

Tetapi jika dibiarkan, hal ini dapat membuat kesehatan sang buah hati terancam. Pada dasarnya, anak-anak obesitas cenderung merasa minder ketika menyadari tentang tubuhnya. Selain itu, hal ini juga dapat membuat mereka menjadi depresi ketika banyak orang yang mengolok-olok.

Menurut ahli kesehatan, orang tua mungkin harus menaan diri dari segala jenis komentar tentang berat badan atau penampilan anak. Sebaliknya, mereka harus menjadi motivator bagi anak untuk memberikan makanan sehat dan membiarkan anaknya untuk bermain yang memungkinkannya membakar kalori.

Selain itu, orang tua dapat mendidik anak tentang makanan sehat maupun makanan tidak sehat. Tentu saja tanpa membuat sang anak sadar akan tubuhnya. Dengan cara ini, masalah mungkin akan teratasi dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement