Selasa 09 Aug 2016 07:00 WIB

Bintang-Bintang Muslim Menguasai Bollywood

Aktor Bollywood, Shahrukh Khan
Foto: AP
Aktor Bollywood, Shahrukh Khan

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

India menjadi satu negara pembuat film terkemuka di dunia. Tidak kurang dari 800 hingga 1.000 film cerita diproduksi Bollywood --Hollywood-nya India-- yang berpusat di Mumbai (Bombay). Tingginya produksi film mereka, menggiring jutaan orang India tiap hari pergi ke bioskop-bioskop.

Film Bollywood juga diekspor ke-50 negara di dunia, termasuk Indonesia. Di industri film, umat Islam juga banyak berperan.

Pernah disebutkan sekitar 30 persen pelaku industri hiburan ini adalah Muslim. Mulai dari aktor, artis, sutradara, penulis cerita, skenario, sampai produser. Belum lagi para kru film.

Gemerlap bintang film Muslim pun bertebaran di langit Bollywood. Dalam era 1950-an sampai 1970-an, misalnya, dikenal Dilip Kumar yang beberapa kali dinobatkan sebagai aktor terbaik India. Sedang para artisnya antara lain Nargis dan Madhubala yang pada 1960-an dapat julukan "venus dari India".

Sedangkan Zeenat Aman yang pernah jadi Miss India, sampai 1980-an telah berakting di ratusan film. Demikian pula artis cantik Waheeda Rehman, yang sampai kini masih main memerankan tokoh ibu. Sama seperti Farida Jalal, yang berperan sebagai ibu Shah Rukh Khan dalam film Kuch Kuch Huta Hai. Tak kalah tenar, Shabana Azmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement