Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Ketauhidan Aher Bertambah Usai Lihat Galaksi Bimasakti

Ahad 07 Aug 2016 10:01 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Indira Rezkisari

Galaksi bimasakti (ilustrasi)

Galaksi bimasakti (ilustrasi)

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Bandung menggelar acara "Malam Langit Gelap" atau Dark Sky Night di Halaman Gedung Sate, Sabtu malam (7/8).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dan isterinya Netty Prasetyani, ikut meneropong langsung dengan menggunakan teleskop. Mereka, menyaksikan keindahan planet Mars, Saturnus, dan bintang Scorpio yang merupakan bagian dari galaksi Milky Way (Bima Sakti). Mereka pun sangat mengagumi keindahan warna dan cahaya yang dipancarkan bintang dan planet tersebut.

Menurut Heryawan, usai melihat keindahan ciptaan sang Maha Kuasa ini, Ia bisa menambah ketauhidan dan keimanannya. Karena, alam semesta ini luar biasa indah dan bisa meningkatkan ketaatan kita kepada Tuhan.

"Kesimpulan kekaguman pada alam semesta yang sangat besar ini pasti penciptanya lebih besar lagi, lebih Maha Besar lagi," ujar Heryawan yang akrab disapa Aher.

Kesimpulannya lagi, kata dia, manusia harus tunduk patuh kepada Tuhan yang menciptakan alam semesta yang besar dan Tuhan yang menciptakannya pasti maha besar lagi.

Uniknya, kata dia, ini yang baru Ia temukan pertama kali. Jadi, apa yang ditemukan di buku dipraktikkan di lapangan. "Ternyata bisa dilihat secara kasat mata, bumi ini bagian dari Bimasakti dan di Bimasakti ada sejumlah planet, seperti planet Saturnus, Mars dan bintang-bintang banyak tentu," kata Aher.

Tadi, kata dia, Ia melihat Saturnus dan Mars itu bercahaya, lebih terang cahayanya. Bukan berarti, bahwa dia lebih kuat cahayanya tapi lebih dekat dengan bumi. Karena, cahaya yang ada di Mars itu cahaya matahari yang memantul ke bumi. Tapi di sampingnya ada bintang kecil, tapi sebetulnya dia lebih terang bahkan mungkin lebih besar dari matahari tapi karena saking jauhnya telihat kecil.

Aher pun ingin kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin oleh Lapan. Karena, hal ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang keantariksaan dan alam semesta yang begitu besarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA