Jumat 05 Aug 2016 16:41 WIB

Pesan Menkes kepada Rizki: Hamburger Harus Dijauhi Ya

Rep: Maspril Aries/ Red: Achmad Syalaby
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengunjungi Rizki Ramadhan
Foto: Antara
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengunjungi Rizki Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG -- Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F Moeloek, Jumat (5/8) melakukan kunjungan kerja ke Sumatra Selatan (Sumsel). Di Palembang, Menkes mendatangi Rumah Sakit Moehammad Hoesin (RSMH) dan berkesempatan mengunjungi anak pasien obesitas Rizki Rahmat Ramadhan (11 tahun).

Menteri Nila Farid Moeloek sempat berdialog dengan anak yang saat masuk ke RSMH memiliki bobot 119 kilogram (kg). Kepada Rizki, Menkes berpesan. “Harus cepat kurus ya. Jangan suka makan yang tidak sehat lagi, seperti hamburger atau ayam goreng harus dijauhi ya nak.” (Baca: Kasus Obesitas Terus Meningkat).

Menurut Menkes, obesitas menjadi permasalahan yang sudah mengancam kesehatan anak-anak di Indonesia. “Kehidupan perilaku pola hidup yang tidak seimbang, menyebabkan obesitas timbul pada anak-anak. Rizki sudah terlalu overweight berat badannya. Kita prihatinkan.”

Pada kesempatan itu Menkes Nila Djuwita F Moeloek berpesan, agar anak-anak lain di Indonesia harus menjaga pola makan supaya tidak mengalami hal yang sama seperti Rizki. Para orang tua juga harus tahu bagaimana cara memberikan gizi yang seimbang terhadap anak.

Untuk penanganan pasien Rizki Rahmat Ramadhan Menkes meminta dokter di RSMH memantau secara berkala kondisi Rizki. Dari penjelasaan Direktur RSMH M Syahri, pasien obesitas Rizki Ramadhan masuk rumah sakit pada Rabu, 19 Juli 2016. Usianya 10 tahun 8 bulan dan berat badan 119 Kg. Kemudian Rizki menjalani perawatan dan sempat masuk ke ruang ICU. 

Keluar dari perawatan di ruang ICU, pada awal 2 Agustus 2016, bobot Rizki sempat mengalami penurunan. Berat badannya turun menjadi 95,5 kg. Setelah menjalani perawatab sekitar dua pekan berat badan Rizki turun sekitar 24 kg.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement