Sunday, 10 Safar 1442 / 27 September 2020

Sunday, 10 Safar 1442 / 27 September 2020

Pelaksanaan MTQ Berjalan Lancar

Kamis 04 Aug 2016 20:19 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Agung Sasongko

Sejumlah siswa SD 15 Cakranegara membaca Al Quran saat menonton MTQ di Islamic Center Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (4/8)

Sejumlah siswa SD 15 Cakranegara membaca Al Quran saat menonton MTQ di Islamic Center Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (4/8)

Foto: Republika/ Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Ketua Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Said Agil al Munawar mengatakan, pelaksanaan lomba MTQ hingga hari kelima berlangsung lancar.

"Alhamdulillah semua lancar, enggak ada kendala apa-apa sampai saat ini," katanya di Aula Bank Indonesia Perwakilan NTB, Mataram, Kamis (4/8).

Ia mengatakan, sebagian besar lomba sudah memasuki babak final. Bahkan, untuk cabang Fahmil atau cerdas cermat sudah diketahui juaranya yakni Papua Barat usai menundukkan Aceh dan Banten.

Sedangkan, untuk lomba lainnya, pengumuman hasil juara akan diumumkan malam nanti. Ia mengaku terhenyak dengan meriahnya sambutan para masyarakat atas lonva yang digelar di 11 lokasi.

"Pengunjungnya terbanyak di dunia," ungkapnya.

Ketua Majelis Hakim Cabang Fahmil H Amir Tjoneng mengatakan, penyelenggaraan lomba cabang cerdas cermat berlangsung lancar.

"Cabang ini, cabang paling menegangkan dan sistemnya penilaian terbuka, penonton bisa kritik kalau ada yang salah," katanya.

Ketiga kafilah, Aceh, Banten, dan Papua Barat, berhasil menyisihkan 29 kafilah lain. Cabang ini sendiri diikuti 32 kafilah provinsi dari 34 Provinsi yang mengikuti MTQ.

Ia menjamin independensi dewan hakim, mengingat soal-soal yang dilombakan tersegel rapi dan baru dibuka saat perlombaan.

Papua Barat sendiri keluar sebagai juara usai mengalahkan Aceh dan Banten dalam babak final.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA