Kamis 04 Aug 2016 09:35 WIB

5 Kegunaan Daun Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Daun jambu
Foto: flickr
Daun jambu

REPUBLIKA.CO.ID, Buah jambu biji dikenal sebagai makanan berkhasiat karena memiliki banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Akan tetapi, bukan hanya buah jambu biji saja yang memiliki banyak manfaat, daun jambu biji pun bisa memberi manfaat baik bagi kesehatan.

Salah satu keutamaan dari daun jambu biji ialah dapat mempersehat rambut. Di samping itu, daun jambu biji juga memiliki empat keunggulan lainnya yang jarang diketahui. Berikut ini ialah lima manfaat dari daun jambu biji seperti dilansir 1travel-news.

Untuk Rambut

Banyaknya nutrisi seperti vitamin B pada buah jambu membuat buah ini unggul dalam menjaga kesehatan rambut. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan buahnya, daun jambu biji memiliki lebih banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Berdasarkan para ahli, daun jambu biji dapat mencegah rambut rontok jika digunakan secara rutin sebagai bagian dari perawatan rambut.

Cara penggunaan daun jambu biji pun cukup mudah. Cukup rebus segenggam penuh daun jambu biji dalam 1 liter air selama 15-20 menit kemudian dinginkan. Setelah itu, saring rebusan daun jambu biji dan aplikasikan air yang telah di saring ke kepala mulai dari ujung hingga akar rambut. Berikan penekanan lebih dan pijatan lebih pada kulit kepala dan akar rambut saat mengaplikasikan air rebusan ini.

Air rebusan daun jambu biji ini berguna untuk memperuat akar rambut sehingga rambut tidak lagi mudah rontok. Daun jambu bahkan dianggap sebagai solusi rambut rontok yang lebih baik dibandingkan dengan produk perawatan rambut di pasaran yang penuh dengan zat kimia yang dapat merusak rambut.

Daun jambu biji juga diketahui dapat memperkuat folikel rambut sehingga rambut akan tumbuh menjadi lebih tebal dan bersinar. Yang perlu diperhatikan ialah usahakan untuk menggunakan bahan-bahan alami dalam perawatan rambut dan hindari penggunaan zat-zat berbahaya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement