Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

TNI Pamerkan Tank dan Rudal di Kampus UNS

Rabu 03 Agu 2016 19:59 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yudha Manggala P Putra

Alutsista TNI dipamerkan ke masyarakat.

Alutsista TNI dipamerkan ke masyarakat.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Berbagai jenis alat utama sistem senjata (Alutsista) milik TNI akan dipamerkan saat perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HKTN) 10 Agustus nanti. Bertajuk Tekno Military Festival, pameran alutsista tersebut akan dipusatkan di area kampus Universitas Sebelas Maret (UNS).

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Soemarmo Kolonel (Nav) Agus Priyanto mengatakan pameran tersebut akan menjadi istimewa. Sebab untuk pertama kalinya TNI memamerkan persenjataan di lingkungan kampus. Sehingga akan disaksikan ribuan mahasiswa dan masyarakat khususnya warga Solo.

Dalam acara yang rencananya dibuka Presiden Joko Widodo itu, kata dia, TNI Angkatan Udara akan memperlihatkan beberapa peralatan dan senjata yang digunakan TNI AU dalam menjalankan tugas. Di antaranya perlengkapan aeromodelling seperti simulator radar, helikopter, rudal, dan senjata tempur udara lainnya. Tak hanya itu kata dia TNI AU juga akan menampilkan kemahiran dalam menari dan bermain alat musik.

“Dengan pameran ini kami ingin lebih dikenal masyarakat, kami juga membawa instansi lainnya yang ada di sekitar Solo seperti Lanud Iswahyudi Madiun, Adi Sucipto Jogjakarta, dan Akademi Angkatan Udara Jogjakarta,” tutur Agus dalam Konferensi Pers Persiapan HKTN dan Tekno Military Festival di Dana Hotel, Surakarta pada Rabu (3/8) siang.

Sementara itu TNI Angkatan Darat akan melibatkan sejumlah kesatuan dalam festival itu. Seperti Brigif 6/2 Kostrad, Grup 2 Kopassus, Yonif 400/Benteng Rider, Yonkav 2/ Tank, Yonarmed 3/105 Tarik, Yonarhanudse 15, serta Yonzipur 4/TK.

TNI berharap dengan pameran tersebut mampu lebih mempererat hubungan antara Mahasiswa dan TNI. Sehingga diharapkan bisa menghilang stigma negatif antara Mahasiswa dan TNI.

Wakil Rektor UNS Bidang Pendidikan dan Akademik, Sutarno berharap kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan mahasiswanya untuk mengenal dan mempelajari tentang peralatan dan persenjataan yang dimiliki TNI. Ia juga mengungkapkan ke depannya diharapkan bisa terjalin kerjasama anatara TNI dan UNS terkait penelitian untuk pengembangan alutsista TNI.

“Sebab UNS juga punya riset dengan tema unggulan bidang teknologi pertahanan dan kemananan. Seperti penelitian teknologi material, hidrodinamika, informatikan dan penelitian lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan persenjataan negara kita,” ungkapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA