Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

K-85 Siap Hadiri KLB PSSI dengan Kekuatan Penuh

Selasa 02 Aug 2016 17:38 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah

 Seorang karyawan melintasi tulisan PSSI di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Jumat (26/2).

Seorang karyawan melintasi tulisan PSSI di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Jumat (26/2).

Foto: Antara/Wahyu Putro A

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sekretaris Kelompok 85 Budiman Dalimunthe mengaskan pihaknya akan menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dengan kekuatan penuh. Hingga saat ini, K-85 memiliki 92 anggota yang memiliki hak suara pada KLB pemilihan ketua umum PSSI.

Bahkan pihaknya sudah datang ke Jakarta satu hari jelang KLB PSSI. Mereka juga berambisi agar KLB PSSI berjalan sesuai dengan keinginan mereka. Rencananya, KLB PSSI akan diselenggarakan di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Rabu (3/8) nanti.

Kemudian agar KLB PSSI bisa sesuai dengan harapannya, mereka telah menggelar simulasi KLB PSSI di Hotel Borobudur pada Selasa (2/8). Simulasi ini untuk mematangkan jalannya KLB PSSI. Dalam simulasi tersebut mereka telah mengatur semuanya apa akan dilakukan pada KLB nanti, Termasuk tindakan apabila terjadi deadlock.

"Kami semua akan datang ke kongres PSSI. Kami akan berjuang untuk menyuarakan pendapat kami," ujar Budiman saat jumpa pers di Hotel Borobudur, Selasa (2/8).

Meski KLB PSSI di Ancol nanti belum untuk melakukan pemilihan ketua umum, tapi K-85 menganggap sebagai agenda penting untuk menyampaikan aspirasinya.  

Pada KLB Ancol nanti akan ada enam agenda yang menjadi pembahasan. Pertama, konfirmasi status Acting President PSSI yang diemban Hinca Pandjaitan sejak sanksi FIFA dicabut, hingga pelaksanaan kongres pemilihan. Kemudian, keputusan kongres pemilihan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. 

Selanjutnya, dari KLB Ancol tersebut juga akan menghasilkan keputusan agenda lengkap kongres pemilihan yang harus digelar sebelum 31 Oktober 2016.

Lebih jauh, pertemuan voter dalam kongres itu juga akan menghasilkan amandemen Kode Pemilihan PSSI yang dimana Komite Pemilihan akan diketuai Agum Gumelar.  Agenda terakhir adalah pemilihan anggota Komite Banding Pemilihan yang diketuai oleh Erick Thohir. 

Sebelumnya, K-85 menginginkan agar seluruh anggota Exco PSSI saat ini diganti seluruhnya. Itu dilakukan agar terjadi perubahan di kubu internasl PSSI yang jauh lebih baik.

Namun dalam KLB Ancol nanti, pemilihan anggota Exco memiliki dua opsi yaitu mengganti seluruhnya, sebanyak 15 posisi, yaitu satu ketua umum, dua waketum, dan 12 anggota. Opsi selanjutnya adalah mengisi posisi kosong seperti ketua umum dan dua anggota Exco yang mengundurkan diri, seperti Gusti Randa dan  Johar Ling Eng. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA