Selasa 02 Aug 2016 08:44 WIB

Pakar Paparkan Bahaya Gunakan Baju Baru yang Belum Dicuci

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Cucian baju
Foto: pixabay
Cucian baju

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa dari kita mungkin tidak sabar untuk segera mencoba baju yang baru dibeli. Tapi tahukah Anda  pentingnya mencuci baju baru sebelum dikenakan. Pasalnya ternyata bukan hanya bahan kimia saja yang menempel pada baju baru tersebut.

Dilansir dari Refinery29, menurut Donald Belsito, seorang profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, New York, pakaian baru biasanya mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan ruam dan gatal-gatal, misalnya pewarna azo-anilin atau resin formaldehida.

Apalagi jika baju yang dibeli merupakan barang impor. Setiap negara menerapkan kebijakan yang berbeda-beda mengenai penggunaan bahan kimia. Untuk berjaga-jaga, lebih baik jika bahan kimia yang tidak diketahui ini dicuci bersih terlebih dahulu.

Tak hanya itu, bahaya terbesar dari baju baru yang tidak dicuci terlebih dahulu justru berasal dari tokonya. Menurut Belsito, kamar ganti dan gudang penyimpanan merupakan tempat berkembang biaknya bakteri, kutu, dan jamur.

"Saya telah melihat kasus kutu yang mungkin ditularkan dengan mencoba baju di dalam toko, dan ada penyakit menular tertentu yang dapat ditularkan melalui pakaian," ungkap Professor Donald.

Untuk meminimalkan risiko, Belsito merekomendasikan pencucian dua kali sebelum baju baru dipakai.

(baca: Kesalahan Membersihkan yang Paling tidak Disadari)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement