Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

900 Mahasiswa di Surabaya Berburu Beasiswa

Sabtu 30 Jul 2016 13:29 WIB

Red: Hazliansyah

Suasana seleksi Djarum Beasiswa Plus di Surabaya

Suasana seleksi Djarum Beasiswa Plus di Surabaya

Foto: Djarum Foundation

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Lebih dari 900 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya mengikuti tes seleksi penerimaan Djarum Beasiswa Plus 2016/2017. Program beasiswa ini tidak hanya memberikan fasilitas pendidikan namun juga pengalaman dan pemberian soft skills.

"Tes seleksi di Surabaya merupakan kota ke-18 dari berbagai kota seleksi dilakukan. Dari sekitar 18.000 pendaftar di seluruh Indonesia, kami mengundang lebih dari 8.000 peserta untuk mengikuti tes seleksi. Diantaranya 983 peserta di Surabaya," ujar Laksmi Lestari, Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Sabtu (30/7).

Kegiatan tes berlangsung selama tiga hari mulai Rabu (27/7) lalu di JX International Convention dan Gedung Wanita. Peserta datang dari beragam universitas terkemuka, seperti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, serta Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

"Dalam tes seleksi ini kami berlakukan sistem gugur. Artinya, hasil tes hari pertama berupa tes tertulis menjadi dasar ke tahap berikutnya yakni grup tes dan wawancara individu,” kata Laksmi.

Dalam proses tes seleksi, Laksmi mengatakan, pihaknya selalu memastikan setiap tahapan berjalan dengan baik, yakni dengan pengukuran potensi intelektual, kepribadian dan kepempimpinan para calon.

"Agar sesuai dengan visi kami yaitu melahirkan pemimpin yang cakap secara intelegensia dan emosional, serta mampu membawa perubahan positif bagi pengikutnya," imbuh Laksmi.

Abdul Rahman Sholeh, salah satu peserta dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya mengatakan program beasiswa Djarum berbeda dengan program yang ada.

“Saya ingin mendapatkan pengalaman dan soft skills yang tidak semua beasiswa berikan. Keinginan saya berkarir jadi profesional di bidang personalia. Untuk itu, saya incar ketrampilan soft skills terutama kepemimpinan yang lebih spesifik dari Djarum Beasiswa Plus supaya membantu saya jadi diri yang lebih baik,” ujar mahasiswa jurusan Psikologi dan Ilmu Kesehatan ini.

Pengumuman final penerima Djarum Beasiswa Plus 2016/2017 akan dilakukan pada 12 September 2016 melalui situs resmi panitia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA