Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Sejarah Hari Ini: Pesawat Pengebom AS Tabrak Empire State Building

Kamis 28 Jul 2016 05:30 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah

Kerusakan di lantai 79 Empire State Building yang ditabrak pesawat pengebom B-25 Mitchell pada 1945.

Kerusakan di lantai 79 Empire State Building yang ditabrak pesawat pengebom B-25 Mitchell pada 1945.

Foto: nydailynews

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini tahun 1945, sebuah pesawat militer AS menabrak Empire State Building. Insiden menewaskan 14 orang. Tabrakan ini disebabkan oleh kabut tebal.

Pesawat pengebom B-25 Mitchell dikendalikan dua pilot saat itu dan membawa satu penumpang. Pesawat terbang dari New Bedford, Massachusetts menuju Bandara LaGuardia di New York.

Kabut tebal sedang melanda saat itu sehingga pengendali lalu lintas udara meminta pesawat terbang ke Bandara Newark. Pesawat melalui Manhattan dan telah diperingatkan soal keberadaan Gedung Empire State yang saat itu adalah gedung tertinggi di kota.

Gedung itu kabarnya tidak terlihat secara kasat mata. Pesawat terbang pelan dan cukup rendah sambil berupaya mendapat penampakan yang lebih jelas. Namun saat terbang lurus, pesawat menabrak sisi utara yang menyebabkan lantai 79 terbakar hingga lantai 75.

Pada hari itu hanya ada sedikit pekerja karena Sabtu. Sebanyak 11 orang tewas di sisi gedung. Sebagian besar korban mengalami luka. Tiga orang di pesawat tewas. Tabrakan ini menyebabkan kerugian hingga satu juta dolar AS atau 10,5 juta dolar AS dalam skala mata uang saat ini.

Selanjutnya: Gempa Terparah di Dunia Tewaskan 242 Ribu Orang



sumber : History/BBC
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA