Rabu 27 Jul 2016 08:03 WIB

Sukarno: Indonesia Lebih Dulu ke Luar Angkasa daripada Amerika

Sukarno
Foto:

Meski "daerah hitam" ini sudah lebih dari 40 tahun dibersihkan Gubernur DKI Ali Sadikin dengan menggusur mereka ke Kramat Tunggak, Jakarta Utara, yang ketika itu masih berupa rawa-rawa, nama Planet Senen sampai sekarang masih banyak diingat orang.

Bukan hanya di Planet Senen, di dekatnya, yakni di Jalan Kramat Raya, kala malam hari dipenuhi kupu-kupu malam. Mereka berpraktik di becak-becak.

Di sekitar Jalan raya Kramat dari bioskop Rivoli (kini sudah tergusur) sampai ke Proyek Senen, di kaki lima kita jumpai para pedagang yang mangkal pada malam hari. Kala itu, di jalan ini juga berpraktik seorang dokter yang dikenal dengan dr Basri yang nongkrong dengan alat tensi meter dan jarum suntik. Ketika itu, injeksi penisilin dianggap ampuh untuk menghindari penyakit raja singa. Waktu itu belum dikenal HIV/AIDS.

Menurut Bang Ali, dia melokalisasi para pelacur di Kramat Tunggak meniru tempat serupa di Surabaya. Beberapa tahun lalu, lokalisasi di Kramat Tunggak itu dijadikan sebagai Islamic Centre oleh Gubernur DKI Sutiyoso. Sekarang, banyak kegiatan keagamaan di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement