Senin 25 Jul 2016 11:32 WIB

Pembalap Belgia Disebut-sebut Bakal Gantikan Rio di Manor

Stoffel Vandoorne
Foto: EPA/VALDRIN XHEMAJ
Stoffel Vandoorne

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebalap cadangan Mc Laren, Stoffel Vandoorne dikabarkan menjadi salah satu kandidat pengganti Rio Haryanto di Manor Racing pada paruh kedua musim kompetisi balap Formula Satu (F1) 2016.

Sebagai pembalap pemula, Rio Haryanto dianggap mencatatkan kinerja bagus. Namun Manor Racing belum menjamin akan tetap menggunakan jasa Rio sampai akhir musim karena belum melunasi sisa pembayaran sebagai pay driver sebesar 7 juta euro dari total 15 juta euro. 

Pihak manajemen Rio pun terus mencari dana sponsor dari Indonesia hingga Asia agar pembalap kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, itu tetap membalap hingga akhir tahun. Namun, jika tidak berhasil ada kemungkinan posisi Rio akan digantikan pembalap lain. 

Dilansir dari Motorsport, Ahad (24/7), sumber McLaren mengatakan Vandoorne menjadi salah satu kandidat terkuat. Pembalap Belgia ini mengungguli pembalap cadangan Alexander Rossi dan Will Stevens guna menggantikan posisi Rio di Manor Racing. 

Rio dikabarkan tetap berkesempatan ikut pada GP seri ke-12 di Hockenheim, Jerman. Kemudian pihak Manor meminta manajemen Rio mencari solusi pembayaran selama jeda libur musim panas. Sebab Manor memang lebih memprioritaskan Rio. Namun jika tak terjadi titik temu, maka Rio bakal terdepak.

Jika terjadi kesepakatan antara Manor dengan McLaren, maka ada kemungkinan Vandoorne berlaga di F1 untuk pertama kalinya di negaranya sendiri pada GP Belgia, akhir Agustus 2016. McLaren berharap bisa memberikan jam terbang lebih baik untuk Vandoorne.

Saat ini Vandoorne membalap di Formula Super Jepang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement