Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

SMF Luncurkan Sistem Informasi Perumahan Terintegrasi

Senin 25 Jul 2016 09:51 WIB

Rep: Sonia Fitri/ Red: Nidia Zuraya

Perumahan, ilustrasi

Perumahan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan Pembiayaan Sekunder Perumahan PT Sarana Multigriya Financial (Persero) atau SMF meluncurkan sistem informasi yang diberi nama Housing Finance Information System (HFIS). 

HFIS merupakan sebuah sistem informasi yang menyuguhkan seluruh data dan informasi terkait pasar perumahan, pembiayaan perumahan serta dan berbagai sumber yang terintegrasi terkait perumahan di Indonesia. Dalam HFIS termuat indikator-indikator industri perumahan sekaligus faktor-faktor yang mempengaruhinya. 

"Sehingga diperoleh pandangan terkini, arah dan proyeksi mengenai kondisi pasar pembiayaan perumahan di Indonesia," kata Direktur Utama SMF, Raharjo Adisusanto dalam siaran pers, Senin (25/7). 

HFIS, lanjut Raharjo, dapat diakses secara mudah oleh seluruh masyarakat Indonesia, di website resmi SMF, http://www.smf-indonesia.co.id. Peluncuran dan pengoperasian HFIS didasarkan atas fakta bahwa informasi terkait pasar perumahan dan pembiayaan perumahan di Indonesia masih sangat minim dan terbatas. 

Raharjo mengungkapkan, pengembangan HFIS merupakan salah satu kegiatan utama BUMN tersebut dalam mencapai misi membangun dan mengembangkan pasar sekunder perumahan. HFIS juga menurutnya merupakan wujud sumbangsih SMF kepada industri perumahan Indonesia. 

Ia berharap keberadaan HFIS dapat menjadi panduan informasi dan memberikan 'peringatan dini' bagi para pemangku kepentingan. Di mana sistem tersebut dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Baca juga: SMF Salurkan Dana Jangka Panjang Rp 6,1 Triliun

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA