Senin 25 Jul 2016 02:07 WIB

Pertamina Surati Manor Racing Terkait Kelanjutan Rio di F1

Rio Haryanto
Foto: Andrew Boyers
Rio Haryanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Pertamina selaku sponsor pembalap Formula Satu (F1) asal Indonesia Rio Haryanto, telah mengirimkan surat resmi kepada tim Manor Racing untuk meminta informasi terkait kelanjutan Rio pada ajang balap mobil terelite ini. Kiprah Rio di F1 terancam terhenti di tengah jalan karena kendala dana.

"Kami sudah mengirim surat resmi kepada Manor untuk meminta informasi secara resmi bagaimana agar Rio tetap dipertahankan sampai akhir musim," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro pada acara nonton bareng GP Hungaria di Bright Cafe Pertamina, Jakarta, Ahad (24/7) malam.

Pihak Pertamina pun mendesak Manor Racing agar segera memberikan jawaban resmi terkait peluang Rio untuk terus bertahan di F1 hingga akhir kompetisi.

"Manor meminta sampai hari Rabu (27/7) besok karena saya bilang kami tidak mau dijawab secara lisan, Pertamina yang secara resmi sponsori Rio berhak mendapatkan jawaban resmi," kata Wianda. 

Rio sudah menjalani 11 seri balapan F1 setelah GP Hungaria. Namun Rio terancam tidak meneruskan hingga akhir musim jika belum membayar 7 juta euro dari total 15 juta euro. Sebelumnya, Rio sudah membayarkan 8 juta euro dengan rincian 5 juta euro dari Pertamina dan 3 juta euro dari keluarga dan manajemen. 

Wianda menjelaskan Pertamina sudah melakukan pembayaran tahap pertama sebesar 2,25 juta euro, tahap kedua 1,5 juta euro, tahap ketiga 1 juta euro. Sehingga pembayaran terakhir yang akan dibayar Pertamina 250 ribu euro. 

"Untuk itu kami berharap Manor bisa memberikan kepastian agar kami bisa merealisasikan sisa dana sponsor yang harus kami keluarkan," kata dia. 

Selain itu, Wianda mewakili Pertamina juga berharap agar kiprah Rio di ajang balap jet darat itu tidak terhenti cuma karena masalah dana sponsor.

"Kami sangat berharap Rio tetap mengikuti F1 sampai akhir musim karena dari sisi prestasi sudah sangat baik dan sangat potensial," ujar Wianda.

Rio baru saja menyelesaikan balap seri ke-11 GP Hongaria di sirkuit Hungaroring di posisi ke-21.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement