Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Ketika Snowden Komentari Drama Film Perdananya

Ahad 24 Jul 2016 04:32 WIB

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari

Edward Snowden menyapa publik via streaming di sebuah festival di Denmark.

Edward Snowden menyapa publik via streaming di sebuah festival di Denmark.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, SAN DIEGO -- Ketika mantan pegawai Agensi Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) Edward Snowden bertemu dengan sutradara peraih Oscar Oliver Stone, ia belum tahu dirinya akan membuat debut film sendiri. Snowden menyampaikan hal itu melalui sambungan video pada Kamis (21/7) lalu usai pemutaran film Snowden di ajang San Diego Comic-Con 2016. 

"Saya berbincang tentang apa yang terjadi sejak 2013. Saya kira dia (Stone) menyukainya," ujar Snowden seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (23/7). 

Film yang dibintangi Joseph Gordon Levitt itu dijadwalkan rilis pada September nanti. Film itu mengisahkan kejadian pada 2013 ketika Snowden membeberkan program pengintaian pemerintah AS. Ia pun kemudian melarikan diri dari negaranya usai dituduh melakukan tindak spionase. 

Snowden lantas diberikan suaka di Rusia dan tinggal di sana hingga saat ini. 

Film tersebut diberi sentuhan drama di beberapa kejadian. Salah satunya yakni ketika Snowden ingin menyelundupkan data keluar dari NSA ia menyembunyikannya dalam kubus rubik. 

Snowden mengaku tak menyangka bisa melarikan diri dan bisa tetap bertahan hingga saat ini. "Sesungguhnya saya kini menjalani hidup bebas," ujar Snowden. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA