Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Keindahan Desain Mimar Sinan

Jumat 22 Jul 2016 18:51 WIB

Red: Agung Sasongko

 Masjid Sulaimaniyah

Masjid Sulaimaniyah

Foto: Blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mimar Sinan adalah arsitek yang sangat berbakat. Ia mencapai puncak kariernya pada masa Kesultanan Turki Utsmani. Karya-karyanya tersebar tak hanya di Turki, tapi juga di mancanegara, terutama Eropa. Di Barat, kehebatannya disetarakan dengan seniman dan arsitek kontemporer Barat, Michelangelo. 

Sepanjang hidupnya, Sinan telah melahirkan karya-karya indah di wilayah Timur dan Barat. Pada kurun waktu 1538-1550, Sinan banyak menerapkan gaya arsitetur tradisional Utsmani. Saat itu, ia mendirikan sebuah bangunan penting yaitu Masjid Hasrev Pasha dan dua madrasah di Aleppo, Suriah. 

Ketika baru diangkat sebagai arsitek kesultanan, Sinan membangun kompleks Heseki Hurren yang sederhana untuk istri Sultan Sulaiman. Pada 1541, ia membangun makam Laksamana Besar Hayreddin Barbosa. Pada masa itu pula, dia membangun sebuah masjid yang dilengkapi madrasah. 

Atas perintah Sultan Sulaiman, ia kemudian membangun Masjid Sehzade. Menurut para sejarawan, Masjid Sehzade merupakan karya terbesar pertamannya. Setelah itu, Sinan mewujudkan obsesinya untuk membangun masjid berkubah besar. Maka, berdirilah Masjid Fatih di Diyarbakir dan Masjid Piri Pasha di Haskay. 

Kemudian, pada kurun waktu 1550-1570, Sinan membangun Masjid Suleymaniye yang dilengkapi dengan empat sekolah, dapur, rumah sakit jiwa, taman, dan persinggahan untuk para musafir. Sesuai namanya, masjid dibangun atas perintah Sultan Sulaiman. Tampil dengan atap berbentuk setengah kubus,  masjid ini terinspirasi dari desain Hagia Sophia. 

Pada 1553-1555, Sinan membangun sebuah masjid di Besiktas dan setahun berikutnya  membangun tempat pemandian bernama Haseki Harrem. Pemandian ini menjadi pengganti pemandian kuno Zeuxippus. Haseki Harrem merupakan tempat mandi terindah yang dibangun oleh Sinan. Kemudian, pada 1559 dia membangun Madrasah Cafer Aga. Pada tahun yang sama ia membangun masjid kecil bernama Iskandar Pasha di Kanlika. 

Pada tahun-tahun berikutnya, begitu banyak masjid indah yang dibangun atas sentuhan tangan dingin Sinan. Namun, dari semua itu, Masjid Selimiye yang berada di Kota Edirne, Turki, menjadi salah satu karya menakjubkan Mimar Sinan. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA