Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Pentingnya Perkembangan Otak Bayi Sebelum Fase Sekolah

Jumat 22 Jul 2016 07:20 WIB

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah

Anak belajar (ilustrasi)

Anak belajar (ilustrasi)

Foto: Boldsky

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang memiliki tahapan atau fase untuk berkembang. Orang cenderung  akan berada di proses pembelajaran saat usia empat tahun. Namun ternyata, disarankan untuk mengembangkan aktivitas ini di usia sebelum tahap sekolah.
    
Dilansir Boldsky, sebuah studi baru mengatakan bahwa otak anak-anak perlu dirangsang dan diaktifkan sebelum fase sekolah. Tujuannya agar mereka siap untuk proses pembelajaran yang dimulai dengan akademisi. Kekuatan memori akan lebih baik jika aktivitas otak dimulai jauh sebelum tahap sekolah.

Studi ini menekankan pentingnya perkembangan otak anak-anak selama beberapa tahun pertama setelah lahir. Ketika otak bayi tidak diaktifkan pada tahap ini, ia akan sulit untuk mengembangkan dan belajar hal-hal baru di usia sekolah. Usia ini adalah fase ketika hippo-kampus di otak manusia mulai belajar untuk memproses dan menyimpan informasi.

Ketika otak belum mulai aktif pada usia tersebut, akan sulit bagi bayi untuk belajar hal-hal baru di kemudian hari. Penelitian ini bisa menjadi solusi yang baik untuk mengatasi ketidakmampuan belajar pada anak-anak di usia dini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA