Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Pemandangan Indah Islamabad dari Masjid Shah Faisal

Kamis 21 Jul 2016 19:15 WIB

Red: Agung Sasongko

Masjid Shah Faisal Islamabad, Pakistan.

Masjid Shah Faisal Islamabad, Pakistan.

Foto: panoramio.com

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Di kaki Bukit Margala yang terletak di Islamabad, ibukota Pakistan, berdiri sebuah masjid megah. Namanya, Masjid Shah Faisal. Apa sihistimewanya masjid ini? Masjid Shah Faisal termasuk salah satu masjid yang terbesar di dunia.

Luas masjid ini mencapai 5.000 meter persegi dan diperkirakan mampu menampung sekitar 100 ribu jamaah di dalam dan luar masjid --sekitar 10 ribu jamaah bisa tertampung di ruang utama, 24 ribu di beranda, 40 ribu di lapangan utama, dan sekitar 30 ribu orang berada di luar gedung. 

Dirancang oleh arsitek Turki, Vedat Dalokay, masjid ini bergaya modern. Namun, sekilas ada struktur tradisional mirip tenda Arab dengan ruang shalat yang berbentuk segitiga besar dan empat menaranya. 

Yang berbeda dengan masjid yang lain, Masjid Shah Faisal berdiri tanpa kubah. Seperti tenda, ruang shalat utama dalam masjid yang terletak di tengah disangga oleh empat menara.Bagian dalam masjid ini terlihat sangat indah dengan sentuhan mozaik di dindingnya dan kaligrafi yang dibuat oleh seniman terkenal Pakistan bernama Gulgee.

Di bagian atap, ada bulan sabit emas raksasa. Di ruang shalat utama terdapat pula tempat lilin raksasa yang beratnya sekitar 7,5 ton dan menggunakan 1.000 bola lampu. Masjid ini dibangun pada 1976. Biaya pembangunan masjid ini diberikan oleh pemerintahan Arab Saudi yang menelan dana hingga 130 juta riyal. Raja Faisal dari Arab Saudi adalah orang yang berinisiatif membangun masjid itu hingga masjid itu pun diberi nama seperti nama sang raja.

Pembangunan masjid selesai pada 1986. Selain masjid, kompleks ini juga dipakai sebagai tempat berdirinya Universitas Islam International. Di sebelah kanan masjid, terdapat makam Jenderal Muhammad Zia-ul-Haq.

Masjid Shah Faisal nggakcuma besar.

Masjid ini juga punya fasilitas yang lengkap, mirip-mirip sebuah kota kecil. Di tempat ini, kita bisa menemukan perpustakaan, museum, tempat kuliah, kafe, dan universitas dengan 700 mahasiswa. Di ketinggian sekitar 58 meter, pengunjung dapat melihat pemandangan indah Islamabad.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA