Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Menteri LHK Ambil Sampel Air Sungai Siak

Kamis 21 Jul 2016 18:21 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Siti Nurbaya

Siti Nurbaya

Foto: kemendagri

REPUBLIKA.CO.ID, SIAK -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengambil sampel air Sungai Siak, dari lokasi tak jauh dari kawasan pabrik bubur kertas (pulp) dan kertas. Tim sempat berhenti sekitar 15 menit di aliran sungai sekitar kawasan perusahaan kertas pulp and kertas besar di Riau, PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) di Perawang, Kabupaten Siak.

"Langkah yang diambil ini merupakan pengawasan langsung oleh Kementerian LHK," kata menteri Siti, Kamis (21/7).

Pengambilan sampel air sungai siak itu menggunakan alat 'water sample' dengan cara memasukannya ke dalam air dengan kedalaman beberapa meter untuk selanjutnya diperiksa kandungan air tersebut. Menurutnya, hasil sampel air itu akan dilakukan uji laboratorium sehingga diperoleh hasilnya. Menurutnya, baku air yang baik itu adalah air yang tidak berwarna dan tidak beraroma tidak sedap.

"Memang sesuai aturan, ada standar baku mutu air. (Sampel air sungai Siak) akan kita uji lab. Setelah diketahui hasilnya maka langkah-langkah selanjutnya bisa diambil," katanya.

Siti Nurbaya melakukan kunjungan ke Riau dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup (HLH) sedunia. Selain itu, dalam kunjungan yang juga akan disusul Wakil Presiden Jusuf Kalla. Wakil presiden dijadwalkan tiba di Pekanbaru pada Jumat besok (22/7) tersebut untuk selanjutnya menghadiri HLH di Siak.

Peringatan HLH Sedunia akan dilaksanakan di halaman Istana Siak atau Istana Asseraiyah Hasyimiyah pada 23 Juli 2016. Namun, jadwal tersebut dimajukan satu hari menjadi 22 Juli 2016. Awalnya agenda lain selain menghadiri peringatan HLH Sedunia atau World Environtment Day (WED), Jokowi akan melakukan pelepasan sekitar 750 ribu benih ikan Patin dan Baung ke Sungai Siak.

Selain itu, dilanjutkan dengan menyerahkan sejumlah penghargaan nasional kepada penerima Kalpataru, Nirwasita Tantra Award, Adipura Paripurna, Buwana dan Kirana serta Adiwiyata Mandiri. Penerima penghargaan yakni tokoh pemerhati lingkungan hidup, Pemerintah Kabupaten/Kota hingga Gubernur, Bupati, dan Walikota. Selanjutnya, ia akan melakukan penanaman pohon di halaman Istana Asseraiyah Hasyimiyah.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA