Rabu 20 Jul 2016 08:01 WIB

Jangan Abaikan Gejala Diabetes Ini!

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Gatal-gatal, salah satu gejala penyakit diabetes
Foto: Boldsky
Gatal-gatal, salah satu gejala penyakit diabetes

REPUBLIKA.CO.ID, Diabetes adalah penyakit yang rentan diderita oleh orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat atau bahkan turunan.  Beberapa gejala yang paling umum dialami oleh penderitanya adalah sering buang air kecil, rasa lapar yang berlebih, kelelahan, penurunan berat badan, penyembuhan luka yang lambat, mual, sakit kepala dan lainnya.

Penyakit ini memang belum ada obatnya. Namun gejalanya dapat dikendalikan dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup sehat. Dilansir Boldsky, berikut gejala-gejala yang ternyata berpotensi dialami oleh penderita diabetes.

Kondisi kulit yang tidak diinginkan

Kelainan insulin dalam darah ini seperti adanya bintik hitam, noda dan keriput pada kulit. Jika seseorang mengalami kondisi kulit seperti ini, disarankan untuk segera memeriksa untuk memastikan kondisi.

Kurangnya kemampuan pendengaran

    

Sebuah studi menunjukkan bahwa diabetes dapat memengaruhi pembuluh darah dan saraf pendengaran. Sehingga hal ini berdampak pada kemampuan pendengaran seseorang.

    

Rasa gatal

    

Beberapa orang penderita diabetes cenderung mengalami gatal di seluruh tubuhnya terutama pada tangan dan kaki. Diabetes menyebabkan sirkulasi darah memburuk dan membuat kulit menjadi kering.

Sering kesemutan

Jika seseorang sering mengalami kesemutan atau mati rasa di bagian-bagian tertentu dari tubuhnya, disarankan untuk melakukan pemeriksaan secepatnya.

    

Bau mulut

    

Gejala bau mulut akan dihadapi oleh penderita diabetes meskipun ia telah menjaga kebersihan mulut. Ini karena tingkat glukosa darah yang meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement