Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Kak Seto Minta Orang Tua Awasi Anak Bermain Pokemon Go

Sabtu 16 Jul 2016 14:24 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Andi Nur Aminah

Seto Mulyadi

Seto Mulyadi

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi meminta orang tua tetap mengawasi anak-anaknya saat bermain gim Pokemon Go. Seto mengatakan, pengawasan ini dilakukan agar anak-anak tetap bisa berada dalam situasi aman.

Seto mengatakan, gim Pokemon Go disatu sisi memiliki dampak positif terhadap perkembangan anak. Sebab dari gim tersebut anak-anak menjadi kreatif, terhibur dan mengasah kemampuan motoriknya.

"Hanya sebagaimana permainan lain, kalau sudah berlebihan dan ‎tidak kenal waktu, tidak seimbang dengan aktifitas lain, lupa belajar, ibadah, kegiatan keluarga di rumah itu juga bahaya. Jadi mohon ada pengawalan dan kontrol dari orang tua," ujar Seto.

Seto mengatakan misalnya, ketika anak sudah keluar rumah, Seto meminta orang tua tetap mengawasi anak-anaknya. Misalnya di dalam kompleks, bisa bekerja sama dengan masyarakat RT-RW untuk memastikan bahwa kompleksnya aman. "Jangan sampai situasi tidak aman, anak bermain justru terpancing menjadi korban kekerasan atau kecelakaan," ujar Seto.

Menurut dia, gim merupakan alat dan jangan sampai kita diperalat oleh permainan ini. Seto menjelaskan manusialah yang  menguasai permainan ini, sehingga kalau betul-betul dikendalikan dengan tepat justru akan berdampak positif bagi anak. "Tapi kalau lepas dari pengawasan orang tua dan pendidik, itu bisa berbahaya bagi anak,"  ujar Seto.

(Baca Juga: Berkat Pokemon Go, Marinir Veteran Tangkap Pelaku Percobaan Pembunuhan)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA