Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Kemenristekdikti: Lulusan Diploma IV Bisa Bergelar Sarjana

Sabtu 16 Jul 2016 12:28 WIB

Red: Esthi Maharani

Kemenristekdikti

Kemenristekdikti

REPUBLIKA.CO.ID, WAISAI -- Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Patdono Suwignjo mengatakan lulusan Diploma IV juga bisa menyandang gelar sarjana yakni sarjana terapan.

"Kalau sebelumnya kan hanya ahli madya, sekarang disetarakan dengan sarjana," ujar Patdono usai rakor Kopertis XIV Papua dan Papua Barat di Waisai, Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (16/7).

Dia menambahkan salah satu alasan pendidikan diploma IV kurang diminati adalah persoalan gelar tersebut. Jenjang pendidikan diploma lebih banyak pada pendidikan vokasi atau berbasis pada keahlian.

"Salah satu solusi dari kami, yakni dengan menyetarakannya dengan sarjana. Dengan demikian, kami berharap masyarakat tidak lagi ragu untuk masuk ke pendidikan vokasi," kata dia.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaaan Kemristekdikti Prof Intan Ahmad mengatakan masih banyak pemahaman orang tua yang ingin anaknya menjadi sarjana.

"Ini yang harus kita beri pemahaman baru pada para orang tua, bahwa sekarang penekanannya bukan pada akademis tapi keterampilan," ujar Intan.

Hal itu yang yang menyebabkan politeknik jarang diminati. Para orang tua lebih menganjurkan anaknya untuk masuk universitas. Padahal saat ini, lanjut Intan, yang dibutuhkan oleh dunia kerja adalah para tenaga kerja yang terampil.

"Malah banyak lulusan politeknik yang mendapat gaji lebih besar dari sarjana," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA