Sabtu 16 Jul 2016 08:37 WIB

Cermati Gizi Buah dan Sayur dari Warnanya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Warna Sayuran sehat. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Warna Sayuran sehat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Mengonsumsi buah dan sayuran dalam berbagai warna sangat penting untuk diet sehat. Ahli gizi Lyndi Cohen mengatakan, ragam warna itu juga biaa digunakan untuk mencermati nutrisi pada buah dan sayur.

Cohen mengatakan, masing-masing warna punya manfaat berbeda yang sama-sama penting. Ia membagi klasifikasinya dalam lima kategori sebagai berikut.

Merah

Buah dan sayuran merah seperti apel, stroberi, ceri, tomat, paprika, dan rhubarb memiliki kandungan lycopene tinggi. Cohen menganjurkan untuk memakan mereka sekaligus dengan kulitnya untuk serat tambahan dan nutrisi yang dapat mencegah diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Biru/ungu

Kategori biru/ungu meliputi buah dan sayuran seperti kubis, terong, plum, dan blueberry yang mengandung banyak antioksidan. Buah berwarna lebih gelap disebut sangat baik karena memiliki konsentrasi flavonoid lebih banyak, pigmen yang memberikan nutrisi pada tanaman.

Hijau

Dari bayam sampai apel, buah dan sayuran hijau adalah asupan yang sangat penting. Cohen juga menyebutkan kiwi, buah musim panas yang baik dimakan dengan kulitnya yang mengandung banyak flavonoid, antioksidan, dan serat.

Kuning/oranye

Wortel, labu, ubi jalar, jeruk, dan lemon adalah beberapa contoh kategori warna ini. Cohen menganjurkan untuk tidak membuang kulit mereka, tetapi memanfaatkannya untuk bahan makanan lain seperti salad dressing.

Putih/coklat

Pir adalah salah satu buah kategori warna putih yang sarat akan serat. Sementara, sayuran coklat yang disorot penting oleh Cohen adalah kentang yang mengandung 90 persen kandungan iron pada kulitnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement