Selasa 12 Jul 2016 17:26 WIB

Ikuti Jejak Kobe Bryant, Tim Duncan Putuskan Pensiun

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Tim Duncan (kanan) saat meraih gelar juara NBA pada 2014 bersama San Antonio Spurs.
Foto: AP Photo/David J. Phillip
Tim Duncan (kanan) saat meraih gelar juara NBA pada 2014 bersama San Antonio Spurs.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN ANTONIO -- Bintang San Antonio Spurs Tim Duncan mengumumkan pensiun setelah 19 tahun membela tim asal Texas itu. Kabar tersebut cukup mengejutkan banyak pendukung mereka.

Duncan akhirnya mundur dari dunia basket yang membesarkan namanya. Forward Spurs tersebut memilih menyudahi kariernya setelah mempersembahkan lima gelar juara kepada Spurs. 

Sejak direkrut Spurs pada NBA Draft 1997, Duncan menjelma menjadi salah satu pemain penting klub tersebut. Selama membela Spurs, ia telah memberikan lima cincin juara NBA. Prestasi ini ditambah dengan catatannya tiga kali gelar pemain terbaik (MVP) final.

Pemain berpostur 2,11 meter itu membawa San Antonio Spurs ke tangga juara pada medio 1999, 2003, 2005, 2007, dan 2014. Dan sejak 17 tahun terakhir, dia memenangi kurang lebih 50 gim tiap musimnya. Jumlah yang belum dipecahkan pemain lain.

Duncan juga telah mencatatkan 26 ribu poin, 15 ribu rebound, dan 3 ribu blok bersama Spurs. Duncan juga menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan 1.000 pertandingan bersama sebuah klub selama berkarier di dunia basket.  

Selama 19 musim, hanya empat kali dia absen pada laga NBA All Star. Selebihnya ia selalu terpilih memperkuat tim bintang Wilayah Barat. Duncan pensiun pada usia 40 tahun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement