Pemerataan Pembangunan Jadi Solusi Cegah Urbanisasi

Senin , 11 Jul 2016, 15:06 WIB
Saleh Partaonan Daulay
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Saleh Partaonan Daulay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan pemerataan pembangunan hingga ke daerah-daerah merupakan solusi untuk menekan urbanisasi. "Masalah pokok urbanisasi adalah tidak meratanya pembangunan. Hampir semua proyek besar, baik oleh pemerintah maupun swasta, terpusat di kota besar. Akibatnya, banyak pencari kerja dari desa mencoba peruntungan di kota," kata Saleh saat dihubungi, Senin (11/7).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan pengerjaan proyek pembangunan memerlukan tenaga kerja, baik yang terdidik maupun tidak terdidik. Hal itu menjadi magnet bagi banyak orang dari berbagai daerah untuk mencari kerja di kota besar, bila proyek pembangunan hanya ada di kota-kota besar.

Begitu pula bila proyek pembangunan sudah selesai, misalnya gedung pencakar langit yang menjadi kawasan perkantoran. Gedung-gedung perkantoran itu memerlukan banyak orang untuk bekerja di dalamnya.

"Akibatnya perpindahan penduduk tidak bisa dihindari. Ada yang dari desa ke kota, ada juga yang dari satu kota ke kota lainnya," tuturnya.

Karena itu, pemerintah pusat perlu mengubah strategi dan konsep pembangunan. Proyek-proyek besar pemerintah sudah waktunya diarahkan ke daerah. Daerah-daerah juga perlu dibangun dengan paradigma pembangunan yang distributif dan berkeadilan. Bila pembangunan merata, selain menciptakan lapangan kerja, Saleh berharap orang-orang di daerah juga tidak berminat pindah ke kota karena fasilitas dan sarana yang ada di daerah sudah lengkap.

Sumber : antara