Senin 11 Jul 2016 10:56 WIB

5 Pemain Penting Sepanjang Piala Eropa 2016

Cristiano Ronaldo
Foto: REUTERS/Michael Dalder
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Piala Eropa 2016 telah berakhir. Portugal dinobatkan sebagai juara baru turnamen empat tahunan antarnegara Benua Biru itu. 

Dalam turnamen yang berlangsung selama satu bulan, telah digelar 51 pertandingan yang melibatkan 552 pemain dari 24 negara baik sebagai pemain tim utama maupun pelapis di bangku cadangan. 

Dari jumlah itu, ada lima pesepak bola yang dianggap paling berperan dalam prestasi negaranya pada Piala Eropa 2016. Berikut lima pesepak bola paling bersinar di Piala Eropa 2016 dilansir AFP:

Cristiano Ronaldo (Portugal)

Piala Eropa 2016 akan dikenang sebagai turnamen milik Ronaldo. Pada awal turnamen, CR7 sempat menuding Islandia sebagai 'tim bermental kecil' dalam pertandingan fase grup yang berakhir imbang 1-1. Ia gagal mengeksekusi penalti kala ditahan Austria 0-0. Namun CR7 tampil brilian dengan mencetak dua gol dan membuat satu assist ketika menahan Hungaria 3-3 untuk membawa Portugal ke 16 besar. 

Ronaldo mencatatkan rekor pemain pertama yang mencetak gol pada empat turnamen Piala Eropa berbeda. Ia juga menjadi sosok dibalik gol Quaresma ke gawang Kroasia pada babak 16 dan sukses mengeksekusi penalti pada  perempat final melawan Polandia. 

Tidak sampai di situ, Ronaldo mencetak gol sundulan yang cantik saat menekuk Wales di semifinal untuk menyamai rekor sembilan gol Michel Platini. Kendati ditarik dari lapangan karena cedera pada babak pertama laga final, namun ia tetap menjadi sosok di balik sukses Portugal. Ia tak henti-henti berteriak memberi semagat dan memotivasi rekan-rekannya untuk terus berjuang dari pinggir lapangan.

Antoine Griezmann (Prancis)

Griezmann sudah melewatkan kesempatan emas untuk menjuarai Piala Eropa bersama Prancis. Namun penyerang Atletico Madrid itu bermain konsisten dan luar biasa sepanjang turnamen dengan torehan enam gol. Jumlah gol itu menjadi yang terbanyak setelah sembilan gol milik Platini pada Euro 1984.

"Pada Piala Eropa ini, dia menjadi pemain menentukan bagi kami," kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

Adapun harian olahraga Prancis, L'Equipe, menyebutkan timnas Les Blues sebagai 'Generasi Griezmann' setelah berhasil mengalahkan juara dunia Jerman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement