Minggu, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Minggu, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

 

Pemudik Asal Sumbar Diminta Gunakan Jalur Alternatif

Ahad 10 Jul 2016 10:15 WIB

Red: M Akbar

Jalan Lintas Sumatra

Jalan Lintas Sumatra

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru meminta para pemudik asal Sumatra Barat yang akan kembali ke Pekanbaru menggunakan jalur alternatif guna menghindari kemacetan panjang.

"Sabtu (9/7) malam hingga subuh merupakan puncak arus balik mudik dari Sumatra Barat (Sumbar) menuju Kota Pekanbaru," kata Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru Sunarko kepada antara di Pekanbaru, Ahad (10/7) pagi.

Sunarko menganalisis arus balik akan terus padat hingga Ahad malam, terutama di lintas barat Pekanbaru-Sumbar. Menurut dia, dari perbatasan Pekanbaru-Kampar sampai dengan Simpang Empat Garuda Sakti menjadi titik kemacetan karena di tempat itu terjadi penyempitan jalan.

"Perbatasan Pekanbaru-Kampar, tepatnya setelah melewati Rimbo Panjang Kampar masuk ke wilayah Pekanbaru di Simpang Empat Garuda Sakti selalu mengalami kemacetan," katanya.

Agar tidak terjadi kemacetan di perbatasan Pekanbaru-Kampar, dia menyarankan pengendara dari Sumbar, khususnya pemudik yang mengunakan kendaraan pribadi, memilih jalur alternatif yang telah ada.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Satlantas Polresta Pekanbaru dan Satlantas Polres Kampar dalam menyiapkan dua jalur aternatif, yakni menuju ke selatan, jalan sebelum Polsek Tambang, kemudian melintasi Jalan Kubang Raya.

Alternatif kedua, kendaraan akan dialihkan di Desa Sungai Pinang ke utara menuju Tapung, kemudian melintasi Jalan Garuda Sakti Ujung, lalu masuk ke Jalan Air Hitam.

Terkait dengan penguraian kemacetan, Wakasatlantas Polresta Pekanbaru AKP Supriyana mengatakan bahwa jajaran Patroli Jalan Raya (PJR), Polresta Pekanbaru, dan Polres Kampar telah melakukan pagar betis mulai dari Polsek Tambang Kampar hingga Simpang Tiga Tabek Gadang Pekanbaru.

"Kami terus berkoordinasi dengan Polres Kampar. Jika arus balik dari Sumbar menuju Pekanbaru terlihat padat, Polres Kampar akan mengalihkan arus kendaraan ke dua jalan aternatif tersebut," katanya usai meninjau arus balik di lintas barat Pekanbaru-Sumatra Barat, Sabtu (9/7).

Ia menambahkan bahwa hal itu akan terus berlangsung hingga Minggu malam karena pada hari Senin semua aktivitas kantor dan sekolah sudah harus masuk sehingga pemudik akan berupaya tiba kembali di Pekanbaru sebelumnya.

"Petugas akan tetap berjaga hingga malam harinya untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kemacetan," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES