Ahad 10 Jul 2016 09:13 WIB

Antara Final Piala Eropa dan Rivalitas Ronaldo Vs Lionel Messi

Red: M Akbar
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Foto: AP Photo/Emilio Morenatti
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Jelang perhelatan final Piala Eropa antara Portugal dan Prancis, sosok Cristiano Ronaldo kembali lagi menarik perhatian. Kali ini namanya diulas untuk disandingkan dengan Lionel Messi.

Kedua megabintang ini tercatat telah bersaing ketat dalam beberapa tahun terakhir untuk menjadi pemain terhebat di dunia.

Jika sejarah hanya menghakimi bakat-bakat terbaik dengan pencapaian-pencapaian di panggung internasional, di mana kedua pemain itu tidak ada yang pernah mengecap kesuksesan, maka sang kapten Portugal dapat menggunakan final Piala Eropa 2016 untuk memberikan pukulan telak dalam salah satu rivalitas terhebat di sepak bola.

Ronaldo telah melalui gemuruh ketidakpuasan di turnamen ini, di mana penampilan dan tingkah lakunya menjadi sorotan, untuk memimpin timnya menuju partai puncak di mana mereka akan berhadapan dengan tuan rumah Prancis di Paris.

Seandainya ia mengakhiri turnamen ini dengan meraih trofi, itu bukan hanya memahkotai karier luar biasanya, namun itu juga mungkin akan menutup perdebatan yang telah membelah para penggemar sepak bola di seantero dunia.

Ronaldo dan Messi bergantian menjadi Pemain Terbaik Dunia selama beberapa tahun terakhir, kerap dengan hanya sedikit suara yang memisahkan mereka di papan perhitungan atau dalam lemari-lemari trofi mereka.

Total mereka berdua telah meraih delapan gelar Ballon DOr (Messi lima gelar, Ronaldo tiga gelar) dan telah menjadi pemicu perdebatan tanpa henti di antara para penggemar dan pengamat untuk memilih yang terbaik di antara keduanya. Walau demikian, keduanya belum pernah memimpin negaranya meraih kejayaan di turnamen benua atau Piala Dunia.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement