Sabtu 09 Jul 2016 19:55 WIB

Deschamps Berpeluang Jadi Pemain-Pelatih Pertama yang Menjuarai Piala Eropa

Didier Deschamps
Foto: Claude Paris/AP Photo
Didier Deschamps

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Sejarah akan mencatat pelatih Prancis, Didier Deschamps, sebagai orang pertama yang memenangkan Piala Eropa sebagai pemain dan pelatih jika Prancis berhasil mengalahkan Portugal di laga final Piala Eropa di Prancis, Senin (11/7) dinihari WIB. 

Didier Deschamps pernah mengangkat Piala Henri Delaunay Cup sebagai pemain saat mengalahkan Italia 2-1 di Rotterdam, Belanda pada tahun 2000.

Setelah 16 tahun dari laga itu, Deschamps kembali ke partai puncak sebagai pelatih Prancis yang berpeluang menjadi orang pertama memenangkan Piala Eropa sebagai pemain dan pelatih. Didier Deschamps akan memiliki catatan yang lebih baik dari bekas pemain dan pelatih Jerman Berti Vogts. 

Berti Vogts memang membawa Jerman juara Piala Eropa 1996 di Inggris, namun ia merupakan pemain cadangan Timnas Jerman Barat yang tidak bermain pada Piala Eropa 1972 di Belgia.

Sementara itu, Dino Zoff yang juara bersama Italia pada Piala Eropa 1968 juga kalah di partai final pada Piala Eropa 2000 melawan tim yang diperkuat Deschamps. 

Di level klub, rekan senegara Deschamps, Zinedine Zidane, menjadi pemain dan pelatih yang sukses memenangkan Liga Champions bersama Real Madrid. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement