Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

 

Pemerintah Kota Bitung Disebut Tutup Mushala Selama Ramadhan

Sabtu 09 Jul 2016 13:23 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ilham

 Mushala (ilustrasi)

Mushala (ilustrasi)

Foto: MgRol28

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua panitia pembangunan Masjid As Syuhada di Kelurahan Girian Permai, Kecamatan Girian, Kota Bitung, Karmin Mayau mengungkapkan larangan berkegiatan selama bulan Ramadhan bagi mereka. Anehnya, larangan justru berasal dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.

"Kita kemarin, per tanggal 4 Juni SK wali kota keluar, yang mana dilarang melakukan kegiatan dan ibadah lagi di sekitar lokasi pembanguan masjid. Begitu juga mushala ditutup," kata Karmin saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (9/7).

Baca: Pemkot Bitung Bantah Umat Islam Diintimidasi dan Dilarang Beribadah

Dalam SK tetanggal 2 Juni 2016 tersebut, ada larangan melaksanakan shalat lima waktu di sekitar lokasi pembangunan masjid. Alasannya, untuk menjaga keamanan. "Padahan keamanan itu kan dari mereka (Pemkot Bitung) juga," ujar dia.

Umat Islam setempat telah merespon SK tersebut. Namun hingga saat ini belum ada balasan. Karena itu, meski mushala ditutup, untuk mengisi bulan Ramadhan umat Islam setempat tetap berkegiatan.

"Kita kegiatan buka puasa keliling dan shalat wajib berjamaah. Itu keliling di sekitar rumah-rumah warga di sekitar pembangunan masjid. Setiap Maghrib, kita buka puasa bersama," tutur Karmin.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Kericuhan di Wamena

Senin , 23 Sep 2019, 20:27 WIB