Arus Balik Mulai Ramai, Pintu Keluar Brexit Dialihkan

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Winda Destiana Putri

 Sabtu 09 Jul 2016 09:51 WIB

Antrean arus balik lebaran di gerbang tol Palimanan Foto: ROL/Sadly Rachman Antrean arus balik lebaran di gerbang tol Palimanan

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- H+3 Lebaran Idul Fitri 1437 H, arus balik pemudik mulai ramai terlihat. Mengantisipasi hal tersebut, Polres Brebes melakukan rekayasa lalu lintas di Tol Brebes Timur.

"Kami menutup pintu keluar Tol Brebes Timur (Brexit) arah ke Brebes. Kami mengalihkan kendaraan yang keluar dari Tol Brebes Timur," kata Kasatlantas Polres Brebes AKP Arfan Zulfan Sipayung kepada Republika, Sabtu (9/7).

Dia menyatakan kendaraan yang ingin keluar di tol tersebut dialihkan ke pintu keluar Tol Brebes Barat. Menurut Arfan, pengalihan dilakukan sudah sejak semalam (8/7) karena arus kendaraan dari arah Jakarta sudah tidak padat.

Sebaliknya, Polres Brebes melakukan pengalihan tersebut karena kondisi lalu lintas dari Tegal. "Dari Tegal sudah mulai padat. Padat mengalir, tidak stagnan. Sudah terlihat arus baliknya," tutur Arfan.

Menurut pantauan, sejak Persimpangan Maya, Tegal kepadatan kendaraan sudah terjadi. Arus lalu lintas yang padat terus berlangsung hingga gapura perbatasan Tegal dan Brebes.

Dari perbatasan tersebut, kendaraan yang menuju pintu masuk Tol Brebes Timur juga padat. Hanya saja karena ada pengalihan pintu keluar dari Tol Brebes Timur tidak ada kemacetan berarti dari arah sebaliknya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X