Jumat 08 Jul 2016 02:58 WIB

Penalti Griezmann Bawa Prancis Ungguli Jerman

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Antoine Griezmann
Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach
Antoine Griezmann

REPUBLIKA.CO.ID, MARSEILLE -- Antoine Griezmann menjadi pembeda pada babak pertama laga semifinal Piala Eropa 2016 yang mempertemukan Prancis melawan Jerman. Gol penalti striker Atletico Madrid ini sesaat sebelum babak pertama berakhir membawa Prancis unggul 1-0 di Stade Veledrome, Marseille, Jumat (8/7) dini hari WIB.

Penalti diberikan wasit Italia Nicola Rizzoli pada injury time babak pertama setelah Bastian Schweinsteiger menahan bola dengan tangannya saat mengantisipasi sepak pojok Prancis, Griezmann yang menjadi eksekutor berhasil mengecoh kiper Manuel Neuer yang melompat ke arah salah.

Jerman sejatinya tampil lebih dominan menguasai area tengah lapangan. Beberapa kali Schweinsteiger dkk merepotkan pertahanan Prancis.

Die Mannschaft mengambil inisiatif serangan dari kedua sayap. Pergerakan Mesut Oezil yang ditopang Joshua Kimmich di kanan serta Toni Kroos dan Julian Draxler di kiri membuat lini pertahanan Prancis harus jatuh bangun.

Ancaman pertama datang di menit ke-13, Thomas Mueller menerima umpan dari Emre Can namun sayang penyerang Bayern Muenchen tersebut tak mampu melakukan penetrasi dengan maksimal.

Berselang satu menit, giliran gelandang Emre Can mengancam lini belakang Prancis. Pemain tengah milik Liverpool tersebut melepaskan tembakan namun Hugo Lloris dengan dingin mematahkan peluang tersebut.

Intesitas serangan mulai dibangun oleh Les Bleus, memasuki menit ke-24 alur pertandingan dipegang oleh Prancis. Dimitri Payet mengambil eksekusi tendangan bebas dari jarak 30 meter. Sayang, sepakannya masih nyaman di tangan Neuer. 

Lloris untuk kedua kalinya dipaksa melakukan penyelamatan krusial dengan menepis percobaan tendangan Scheweinsteiger dari luar kotak penalti di menit ke-27.

Prancis kembali mendapatkan tendangan bebas, kali ini dieksekusi oleh Paul Pogba. Tapi Neuer kembali dengan mudah membaca arah bola.

Prancis bisa saja menciptakan gol lebih dulu setelah Oliver Giroud yang tak terkawal berada sendiri di depan gawang Jerman, sayang tembakannya masih bisa diblok oleh Boateng.

Saat 45 menit babak pertama sepertinya akan berkahir imbang, Prancis kemudian mendapatkan penalti dan memimpin 1-0 saat turun minum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement