Jumat 08 Jul 2016 07:00 WIB

Kapan Islam Masuk ke Indonesia?

Muslim Indonesia. Ilustrasi.
Foto: Republika
Muslim Indonesia. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Hubungan pertama bangsa Arab dengan Indonesia terjadi sekitar abad keempat masehi. Sejak saat itu —masih menggunakan kapal layar— dimulailah kiprah Arab Hadramaut ke Gujarat di pesisir pantai India Barat. Di sini mereka membangun perkampungan yang oleh orang India dinamakan Arabito.

Di antara mereka ada yang melanjutkan perjalanan ke Indonesia. Setelah singgah beberapa lama di Gujarat, pelabuhan yang banyak disinggahi kapal berbagai negara kala itu, mereka ke Indonesia dan menetap di Sumatra.

Hubungan Arab dengan India melalui jalur laut dimulai sejak abad pertama hijriah. Merupakan hubungan pertama bangsa Arab dengan Timur Jauh pada umumnya dan kepulauan Nusantara khususnya.

Para pedagang Arab itu menggunakan India (Gujarat) sebagai terminal pertama sebelum ke Indomesia. Gustave Le Bon dalam buku Civilisation deds Arab menyatakan bahwa dulu mereka adalah kaum pelancong terkemuka.

Mengingat hubungan yang sudah berabad-abad itu, seminar tentang masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia, yang dihadiri ulama, budayawan dan sejarawan Indonesia, memutuskan Islam untuk pertama kali masuk ke Indonesia pada abad pertama hijriah dan langsung dari Arab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement