Selasa 05 Jul 2016 19:55 WIB

Enam Semifinal Paling Dramatis Sepanjang Sejarah Piala Eropa

Rep: Frederik Bata/ Red: Israr Itah
Michel Platini, pemain bintang Prancis, mencetak gol pada menit 119 untuk membawa timnya mengalahkan Portugal 3-2 di babak semifinal Piala Eropa 1984.
Foto: www.uefa.com
Michel Platini, pemain bintang Prancis, mencetak gol pada menit 119 untuk membawa timnya mengalahkan Portugal 3-2 di babak semifinal Piala Eropa 1984.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Empat tim kontestan semifinal Piala Eropa 2016 sudah didapat. Wales akan berhadapan dengan Portugal, sementara tuan rumah Prancis akan bertemu Jerman.

Penggemar sepak bola  tentu berharap mendapatkan sajian sepak bola yang menarik dan penuh hiburan atau berisi drama.

Sepanjang sejarah semifinal Piala Eropa terdapat beberapa laga unik. Ada enam pertandingan babak empat besar berlangsung secara dramatis dalam turnamen akbar Eropa tersebut dilansir dari laman UEFA.

1. Prancis versus Yugoslavia (semifinal Piala Eropa 1960)

Partai bertensi tinggi terjadi pada babak pertama laga kedua tim ini di Parc des Princes. Skor sementara 1-1. Kemudian Les Bleus menambah dua gol lagi sehingga kedudukan menjadi 4-2. Tapi apa yang terjadi, Yugoslavia membuat kejutan dengan mencetak tiga gol dalam lima menit. Yugoslavia unggul 5-4 pada pengujung pertandingan.

2. Yugoslavia versus Jerman Barat (semifinal Piala Eropa 1976)

Jerman yang menjadi juara dunia 1974 sempat tertinggal 0-2 di Belgrade. Tetapi pelatih Helmut Schon memasukkan dua pemain baru yang mengubah keadaan, yakni Papivoda dan Dragan Dzajic.

Keduanya mencetak gol penyama kedudukan. Kemudian pada perpanjangan waktu, Der Panzer menambah dua gol lagi melalui Dieter Mueller membuat Jerman unggul 4-2.

3. Prancis versus Portugal (semifinal Piala Eropa 1984)

Sepanjang waktu normal kedua tim bermain seri 1-1. Kemudian hingga menit ke-118 perpanjangan waktu, skor menjadi imbang 2-2. Satu menit menjelang laga berakhir, bintang Prancis Michel Platini membuat seisi stadion Velodrome bergemuruh. Ia membobol gawang Seleccao untuk membuat tuan rumah unggul 3-2 secara dramatis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement