Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Ini Titik Rawan Macet Saat Takbiran dan Libur Lebaran di Bogor

Selasa 05 Jul 2016 18:42 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Bayu Hermawan

Sistem Satu Jalur di Puncak

Sistem Satu Jalur di Puncak

Foto: Republika/Fuji Pratiwi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kepolisian Resor Bogor mendata 113 titik rawan macet di seluruh Kabupaten Bogor. Lokasi tersebut tersebar di enam jalur utama yaitu Bogor, Puncak Cianjur (Bopunjur), Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi), Bogor Dramaga Leuwiliang (Bodali), Jalur Parung, Jalur Tengah, dan Cileungsi-Cariu.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Bramastyo Priaji menyebutkan titik macet Gadog-Pasir Muncang, Pasir Angin Selarong, Jatiwangi, Megamendung, Taman Safari, dan Pasar Cisarua di Jalur Bogor-Puncak-Cianjur (Bopuncur).

Pada jalur Bogor-Cianjur-Sukabumi (Bocimi), titik macet berlokasi di Simpang Ciawi, Simpang Ratna, Cikereteg, Pasar Caringin, Jembatan Caringin yang sedang rusak, Lido Resor, dan Resto Apung.

Bramastyo memaparkan, kemacetan bisa disebabkan oleh angkot yang berhenti di bahu jalan atau keluar masuknya kendaraan dari lokasi wisata, restoran, hotel, dan pasar buah. Pasar tumpah, PKL, penyeberang jalan, hingga jalan rusak juga menjadi penyebab umum kemacetan.

Agar kemacetan selama masa libur Lebaran tidak berlarut, Polres Bogor telah melakukan penambahan personel dan mendirikan sejumlah pos pengamanan. Pengaturan titik hambat dan penambahan sarana prasarana seperti traffic cones dan water barrier juga telah dipersiapkan.

Bramastyo menyebutkan cara lain yaitu rekayasa lalu lintas one way atas pada pagi hari dan one way turun pada sore hari. Polres Bogor juga menyiagakan tim Unit Reaksi Cepat (URC) yang menggunakan motor jenis trail untuk mengurai kemacetan.

"Antisipasi terakhir dengan cara pengalihan arus apabila memang sangat padat," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA