Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Ini Makanan yang Dianggap Paling Lezat oleh Manusia Purba

Jumat 08 Jul 2016 03:15 WIB

Red: Nidia Zuraya

Manusia Purba. Ilustrasi

Manusia Purba. Ilustrasi

Foto: Huffingtonpost

REPUBLIKA.CO.ID, Manusia hidup pasti membutuhkan asupan makanan. Dan, setiap manusia pasti memiliki jenis menu makanan favorit dan dianggapnya paling lezat. Demikian pula halnya dengan manusia yang hidup di zaman purba.

Santapan manusia purba yang dianggap paling lezat adalah kepala berukuran raksasa daribinatang jenis gajah yang saat ini sudah punah. Menurut penelitian baru, orang yang hidup pada zaman Paleolitikum, atau biasa dikenal dengan Zaman Batu, memburu gajah sebagai sumber makanan yang berharga.

Selain menyantap tubuhnya, mereka juga mengkonsumsi kepala besar binatang itu, termasuk dengan memakan otak, lidah, kelenjar dan bahkan tulang kepala dan rahangnya. Penemuan itu menjelaskan mengapa manusia pada zaman batu mengangkut kepala gajah saat mereka pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Sejauh mana manusia zaman Palaeolitik makan gajah masih hangat diperdebatkan. Tapi yang pasti manusia purba sudah lama diketahui memburu dan makan binatang sebagai sumber protein dan lemak.

"Karnivora merupakan sasaran manusia dari zaman dulu sampai sekarang," kata para peneliti dalam dokumen yang diterbitkan di jurnal Quaternary International seperti dilansir laman BBC, baru-baru ini.

Namun para ilmuwan mempertanyakan bagaimana gajah bisa disantap karena terlalu besar untuk diburu dan dibunuh.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA