Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

 

Yunahar Ilyas Jadi Khatib Shalat Ied di Al Azhar

Senin 04 Jul 2016 13:42 WIB

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Ilham

Yunahar Ilyas

Yunahar Ilyas

Foto: ROL

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Al Azhar akan menggelar shalat Idul Fitri di halaman masjid pada Rabu (6/7). Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Yunahar Ilyas dijadwalkan akan menjadi khatib shalat Ied di masjid yang berada di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini.

“Khatibnya nanti Pak Yunahar,” kata Kepala Bagian Humas Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar, Muhammad Noeseir, kepada Republika.co.id, Senin (4/7).

Noeseir mengatakan, shalat akan dimulai pukul 07.00 WIB. Sementara yang bertindak sebagai imam shalat yakni Agus Nur Qowim. Ia pun mengimbau kepada para jamaah yang ingin mengikuti shalat ied di Masjid Al Azhar untuk datang lebih awal.

Meski pemerintah baru menetapkan 1 Syawal sore ini, YPI Al Azhar memutuskan shalat Ied 1437 hijriah akan dilaksanakan Rabu (6/7). Hal ini sejalan dengan penentuan 1 Syawal oleh PP Muhammadiyah yang jauh hari telah menetapkan lebaran fitri jatuh pada tanggal 6 Juli 2016.

Kepastian 1 Syawal dari pemerintah baru akan dilakukan sore ini. Kementerian Agama akan melakukan sidang isbat untuk memastikannya usai melakukan rukyatul hilal di beberapa titik di Indonesia. Jika tak terlihat hilal atau bulan baru, maka Ramadan akan disempurnakan menjadi 30 hari.

Itu artinya, lebaran Idul Fitri tahun ini akan serentak dirayakan oleh umat Islam seluruh Indonesia pada Rabu (4/7).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES