Ahad 03 Jul 2016 06:36 WIB

Neuer Jadi Bintang Jerman Melangkah ke Semifinal

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Manuel Neuer
Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach
Manuel Neuer

REPUBLIKA.CO.ID, BORDEAUX -- Jerman berhasil melangkah ke partai semifinal Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan Italia 6-5 (1-1) lewat drama adu penalti. Manuel Neuer pun keluar sebagai pemain terbaik pada laga di Stadion Matmut Atlantique, Bordeaux, Ahad (3/7) dini hari WIB.

Jerman unggul lebih dahulu atas melalui Mesut Oezil. Namun penalti Leonardo Bonucci pada babak kedua membawa Italia menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Skor 1-1 pun bertahan hingga 120 menit pertandingan berlalu, sehingga laga ini harus dilanjutkan ke babak penalti. Pada babak ini muncul nama Manuel Neuer yang menjadi pahlawan kemenangan untuk Die Mannscafht usai menahan sepakan penalti dari Matteo Darmian.

Dengan catatan positif tersebut, membawa Neuer pun dinobatkan sebagai pemain terbaik di pertandingan antara Jerman kontra Italia. Sepanjang laga ini sendiri, Neuer memang tampil apik dengan melakukan setidaknya empat penyelamatan untuk gawangnya dari gempuran Italia.

Neuer mengatakan adu penalti kali ini tak mudah. "Ini perang urat syaraf. Saya benar-benar mempersiapkan diri, namun tak satu pun dari mereka (penendang Italia) yang mengarahkan bola ke tempat biasanya mereka lakukan," ujar Neuer dikutip laman resmi UEFA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement