Kamis 07 Jul 2016 04:30 WIB

Awasi Porsi Makan Anak Anda, Mengapa?

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Kenali porsi makan sehat yang sesuai usia dan kebutuhan tubuh pada anak sejak dini
Kenali porsi makan sehat yang sesuai usia dan kebutuhan tubuh pada anak sejak dini

REPUBLIKA.CO.ID, Anak menjadi target yang paling mudah terkena obesitas. Banyak orang takut anaknya kekurangan gizi dan memberikan asupan makan dalam porsi yang banyak. Hal ini yang mengakibatkan banyak anak memiliki berat badan berlebihan.

Walaupun terlihat menggemaskan, namun kelebihan berat badan dapat membuat penyakit yang berbahaya pada kesehatan seorang anak. Konon, kalori makanan padat menyebabkan peningkatan berat badan bahkan ketika dikonsumsi dalam jumlah kecil. Karena itu, sangat penting mengawasi jumlah makanan anak untuk menghindari mereka dari obesitas.

Seperti dilansir Boldsky, disarankan bagi para orang tua untuk menggunakan wadah makan kecil untuk mengetahui takaran makan anak. Penggunaan piring kecil dapat membuat anak makan dalam porsi normal dan lebih cepat merasa kenyang.

Banyak orang tua yang menggunakan piring besar dengan porsi banyak dan memaksa anak mereka untuk menghabiskan seluruhnya. Ini menjadi satu alasan mengapa banyak anak memiliki berat badan berlebih.

Selain itu, mulailah untuk memberikan asupan salad pada anak. Memberikan makanan berupa salad atau sayur-sayuran sangat dianjurkan karena kandungan seratnya yang dapat membuat anak merasa kenyang lebih lama. Cara ini juga dapat menjaga nafsu makan seorang anak.

Selain itu memberikan buah pada anak lebih disarankan daripada es krim dan permen. Disarankan juga untuk memberikan susu kepada anak karena sangat bergizi dan dapat menyehatkan tubuh mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement